Pemkab Pamekasan Akan Sulap Taman Kowel Jadi Taman Budaya

Semoga terealisasi bukan hanya janji

Pamekasan, IDN Times - Ini kabar baik di awal tahun, buat penggiat seni di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Dinas Lingkungan Hidup setempat berencana membuat art center alias taman budaya. Di tempat itu, para seniman nantinya bisa menggelar pentas musikal, teater, hingga tarian.

Baca Juga: Tertibkan Kawasan Arek Lancor, Satpol PP Pamekasan Dilawan Pedagang

1. Taman Kowel disulap jadi art centre

Pemkab Pamekasan Akan Sulap Taman Kowel Jadi Taman BudayaIDN Times/Musthofa Aldo

Amin Jabir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pamekasan, mengatakan rencananya art center itu akan dibangun di Taman Kowel. Taman ini dipilih karena lahannya cukup luas, sehingga memungkinkan dibangun art center.

"Selama ini seniman tak punya wadah, kami sediakan agar bisa terus berkreasi," kata Jabir tentang latar belakang pembangunan art center Kowel, Minggu (6/1).

2. Memudahkan memantau dunia seni

Pemkab Pamekasan Akan Sulap Taman Kowel Jadi Taman BudayaIDN Times/istimewa/Musthofa Aldo

Menurut Jabir, kalau seniman sudah terwadahi, akan lebih mudah bagi pemerintah daerah untuk memantau perkembangan dunia seni dan budaya lokal. Selain itu, juga lebih mudah memberi bantuan kepada para seniman yang bisa menunjang mereka agar terus berkarya.

"Seni tidak hanya sekedar hiburan. Seni bisa menjadi wadah edukasi kepada masyarakat tentang nilai-nilai Islam yang sejuk dan toleran," ungkap dia.

3. Dibangun tahun 2014

Pemkab Pamekasan Akan Sulap Taman Kowel Jadi Taman BudayaIDN Times/istimewa/Musthofa Aldo

Taman Kowel dibangun pada 2014, bersamaan dengan taman Gladak Anyar. Taman ini kerap disorot oleh DORD Pamekasan karena sejak dibangun tak menyumbang untuk pendapatan asli daerah. 

Baca Juga: Dibangun 2014, Puluhan Kios di Pamekasan Tak Kunjung Dipakai

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya