Update Gempa Jember, 4 Orang Luka-luka, 29 Rumah Rusak

Pusat gempa dekat dengan pemukiman

Jember, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember melaporkan, per pukul 11.25 WIB, gempa berkekuatan magnitudo 5,1 berpusat di Kabupaten Jember mengakibatkan 29 rumah rusak ringan hingga berat, 2 fasilitas pendidikan rusak dan 4 orang Luka-luka.

1. Tidak ada korban jiwa

Update Gempa Jember, 4 Orang Luka-luka, 29 Rumah RusakDampak gempa di Jember. IDN Times/Istimewa

Dampak kerusakan gempa terjadi di 11 desa, 5 kecamatan, Kamis (16/12/2021). 5 Kecamatan tersebut meliputi Wuluhan, Ambulu, Tempurejo, Puger dan Silo.

Kerusakan tersebut terjadi karena titik pusat gempa yang berada di 8.55 Lintang Selatan,113.49 Bujur Timur atau 42 kilometer barat daya Jember dengan kedalaman 10 kilometer.

"Satu rumah rusak berat, 5 rusak sedang dan 23 rusak ringan. Korban Luka-luka 4 orang, belum ada laporan korban jiwa," ujar Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo.

2. Bupati pantau langsung distribusi logistik

Update Gempa Jember, 4 Orang Luka-luka, 29 Rumah RusakIlustrasi gempa bumi (IDN Times/Sukma Shakti)

Saat ini, tim TRC BPBD telah terjun ke lokasi untuk melakukan penanganan darurat bencana, serta pendistribusian logistik bersama Bupati Jember Hendy Siswanto.

"Saat ini kami masih melakukan penanganan darurat bencana," jelasnya.

Sementara itu, pihak Muspika kecamatan juga dilaporkan turut turun ke lokasi membantu penanganan dini. Kapolsek Puger AKP Ribut Budiyono mengatakan, di wilayahnya terdapat kerusakan dapur milik warga Dusun Darungan, Desa Jambe Arum.

Saat gempa terjadi, pemilik rumah sedang mencuci piring di dekat sumur, yang berjarak 2 meter dari dapur. Sempat menyelamatkan diri sehingga tidak sampai kejatuhan material dapur.

"Tidak ada korban jiwa, namun dapur korban mengalami kerusakan berat, sehingga kami datang bersama tiga pilar untuk memastikan kondisi rumah korban dan tindakan selanjutnya kerjasama sinergitas bersama tiga pilar," ujarnya.

Saat ini warga diimbau tidak mendekati bangunan yang retak atau berpotensi roboh akibat gempa, dan memastikan huniannya aman.

Baca Juga: Update Dampak Gempa Jember, 13 Rumah di 5 Kecamatan Rusak

3. Dalam sepekan Jember diguncang dua kali gempa bumi

Update Gempa Jember, 4 Orang Luka-luka, 29 Rumah RusakRumah warga yang rusak akibat gempa di Jember. IDN Times/Istimewa

Gempa berkekuatan magnitudo 5,1 berpusat di barat daya Kabupaten Jember terasa kencang. Sejumlah warga melaporkan kerusakan rumah akibat gempa.Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pusat gempa hanya berjarak 42 kilometer dengan kedalaman 10 kilometer.

Sebelumnya, tiga hari lalu Senin (13/12/2021) gempa berkekuatan magnitudo 5,3 juga berpusat di 179 kilometer Tenggara Kabupaten Jember, pada pukul 12.46 WIB.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,1 di Jember Terasa Kencang, Warga Berhamburan Keluar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya