Suhu Sentuh 3 Derajat Celcius, Pendaki Ijen Justru Meningkat

Pengunjung diimbau lebih menyiapkan kelengkapan mendaki

Banyuwangi, IDN Times - Suhu dingin di kawasan Pendakian Gunung Ijen sejak beberapa pekan terakhir, tidak membuat jumlah wisatawan domestik maupun Mancanegara menurun, sebaliknya justru mengalami peningkatan.

Kepala Resort Tempat Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen, Sigit Hari Wibowo menjelaskan, suhu di pos pemberangkatan Paltuding menuju puncak Kawah Ijen saat ini bisa turun hingga 3 derajat celcius.

"Kalau jumlah kunjungan kita masuk di high season, jadi tidak ada pengaruh untuk jumlah. Kunjungan, malah semakin hari semakin nambah nambah," kata Sigit, saat dihubungi, Kamis (18/7).

1. Bisa capai 500 orang per hari

Suhu Sentuh 3 Derajat Celcius, Pendaki Ijen Justru MeningkatIDN Times/Istimewa

Sigit melanjutkan, jumlah kunjungan wisatawan Mancanegara di Gunung Ijen saat ini, tercatat semakin mengalami peningkatan mencapai 150-200 orang per hari, sesuai musim high season di Bulan Juli-Agustus.

Sementara untuk wisatawan domesik mencapai 250 sampai 500 orang per hari.

"Perhari untuk wisatawan Mancanegara mulai beranjak naik Sekarang sudah masuk di bulan high season untuk kunjungan Mancanegara," ujarnya.

2. Puncak cuaca dingin mulai dini hari

Suhu Sentuh 3 Derajat Celcius, Pendaki Ijen Justru MeningkatIDN Times/Istimewa

 

Cuaca dingin di TWA Gunung Ijen yang bisa mencapai 3 derajat terjadi antara pukul 02.00 - 04-00 WIB, yang merupakan waktu normal untuk melakukan pendakian ke puncak.

"Kawah Ijen memasuki 3 derajat, itu di Paltuding (pos pemberangkatan)," katanya.

3. Siapkan baju dan makanan menghangatkan

Suhu Sentuh 3 Derajat Celcius, Pendaki Ijen Justru Meningkatdokumen pribadi

 

Melihat kondisi cuaca yang dingin, Sigit mengimbau kepada wisatawan untuk lebih menyiapkan perlengkapan mendaki. Resiko yang umum terjadi bila tidak siap, bisa menyebabkan kram perut saat di puncak.

"Disarankan kepada pengunjung untuk melengkapi baju hangat. Dan sebelum melakukan pendakian disarankan untuk mengkonsumsi minuman hangat atau makanan yang sifatnya hangat," jelasnya.

Baca Juga: Blue Fire Ijen Challenge, Taklukkan Finish di 1800 Mdpl 

4. Siapkan fasilitas ukur suhu di beberapa titik

Suhu Sentuh 3 Derajat Celcius, Pendaki Ijen Justru MeningkatPixabay/Guvo59

 

Pihak TWA Gunung Ijen telah menyiapkan fasilitas pengukur suhu di beberapa titik jalur pendakian. Fasilitas tersebut bis digunakan untuk memantau kondisi suhu di Ijen, mulai dari jalur awal pendakian, pos istirahat hingga di puncak.

"Ada beberapa titik pemasangan termometer yang bisa dilihat oleh pengunjung agar bersiap siap sebelum melakukan pendakian untuk menggunakan penghangat. Termometer ada di pos pemeriksaan satu, kemudian di warung ada dua, kemudian di puncak ada satu di Pondok bunder. Bisa melihat perubahan suhu antara di Paltuding dan di Kawah Ijen," terangnya.

Baca Juga: Sekaligus Promosi Pantai Boom, Banyuwangi Gelar Blue Fire Ijen Challenge

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya