Melly Goeslaw Meriahkan Banyuwangi Batik Festival 2018

BBF digelar untuk memperkuat pasar kerajinan batik

Banyuwangi, IDN Times - Penyanyi Melly Goeslaw bakal turut memeriahkan ajang Banyuwangi Batik Festival (BBF) yang digelar pada akhir pekan ini di Gesibu Taman Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (17/11). Melly Goeslaw dikabarkan bakal mengenakan batik lokal Banyuwangi saat tampil di atas panggung.

Baca Juga: Asrama Inggrisan, Penghubung Banyuwangi-Australia yang Tak Terawat

1. Hasil kolaborasi perajin batik dan desainer

Melly Goeslaw Meriahkan Banyuwangi Batik Festival 2018IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Perhelatan BBF akan menjadi panggung karya desainer lokal dan perajin batik di panggung fashion. Sejumlah desainer lokal, nasional seperti Ali Charisma, Priscilla Saputro, Dewa Gita, dan Nely Gunawan, serta desainer busana batik asal Italia, Milo Miliavicca, akan ikut memeriahkan acara itu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi, Sih Wahyudi, menjelaskan ada 20 usaha mikro batik yang bakal saling menunjukkan karyanya berkolaborasi dengan desainer nasional dan mancanegara. Selain mengenalkan batik Banyuwangi, para perajin batik berpeluang mendapat jaringan pasar lebih luas.

"Ada 20 usaha mikro batik setelah melalui proses kurasi terhadap desain motif dan kesiapan produksi untuk menerima order berkelanjutan," ujar Sih.

2. Angkat tema motif bergambar anyaman bambu

Melly Goeslaw Meriahkan Banyuwangi Batik Festival 2018IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Tahun ini, event BBF mengangkat tema motif batik Gedhegan yang memiliki makna kesederhanaan. Sebanyak 110 busana batik bakal ditampilkan. “Sederhana dalam keanekaragaman untuk mencapai kebaikan. Motif ini digambarkan seperti gedeg atau anyaman bambu,” katanya.

3. Penjualan batik meningkat

Melly Goeslaw Meriahkan Banyuwangi Batik Festival 2018IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Ajang BBF menjadi kesempatan bagi desainer dan perajin lokal untuk berkolaborasi dengan pelaku fashion nasional. Selain itu, kegiatan ini juga berhasil meningkatkan omzet perajin batik Banyuwangi.

Tiap tahun BBF mengangkat tema motif batik yang berbeda. Tema diumumkan beberapa bulan sebelum acara, agar para perajin bisa bersiap memproduksi.

"Karena permintaan batik tema tersebut pasti langsung melonjak saat festival digelar,” jelasnya.

Baca Juga: Rampas Motor Korban, Marinir Gadungan Ditangkap Polsek Banyuwangi

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya