Gambar Gandrung dan Kawah Ijen Hiasi Taxi dan Bus di Inggris  

Wow, Banyuwangi go internasional

Gambar seni tari Gandrung dan Kawah Ijen yang menjadi identitas daerah Kabupaten Banyuwangi menghiasi mobil tadi di London, Inggris selama November ini. Branding tersebut didukung Kementrian Pariwisata bertepatan dengan pameran wisata terbesar di dunia, World Travel Mart di London.

Baca Juga: Festival Kopi Sepuluh Ewu Jadi Ajang Barista Banyuwangi Berbagi Ilmu

1. Terdapat 350 taxi bergambar Gandrung dan Kawah Ijen

Gambar Gandrung dan Kawah Ijen Hiasi Taxi dan Bus di Inggris  IDN Times/Istimewa

Deputi Bidang  Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya menjelaskan, strategi pemasaran pariwisata harus dilakukan dengan tepat, untuk mengenalkan Wonderful Indonesia.

“Kita selalu menyiapkan strategi untuk memperkenalkan Wonderful Indonesia ke mancanegara. Salah satunya dengan branding di Black Cab Taxi,” kata Nia, melalui keterangan tertulis, Sabtu (10/11).

Saat ini, kata Nia, terdapat 3 bus dan 350 taxi yang dibalut full warp gambar Gandrung dan Kawah Ijen.

"Ada 3 Open Great Bus yang dibalut full wrap selama November ini. Lalu ada branding Gandrung Banyuwangi di Open Great Bus yang dibungkus Mega Rear. Ada juga 350 taksi yang berbalut full wrap. Sedangkan 2 unit Open Great Bus akan dibungkus Wonderful Indonesia selama 5 minggu," terangnya.

2. Taxi Jenis Black Cab punya mobilitas tinggi di Inggris

Gambar Gandrung dan Kawah Ijen Hiasi Taxi dan Bus di Inggris  IDN Times/Istimewa

Taxi yang dibranding merupakan jenis Black Cab Taxi yang memiliki mobilitas tinggi di Inggris. Dalam momentum tersebut, pelaku industri pariwisata dari berbagai belahan dunia hadir di WTM London 2018. Sebelumnya, di tahun 2016 dan 2017, branding gambar Gandrung di kendaraan transportasi umum juga pernah dipromosikan di Inggris.

"Momen akbar Piala Dunia 2018 di Rusia juga tidak dilewatkan Kemenpar. Ada dua kota besar di Rusia yang ditebar brand Wonderful Indonesia, termasuk Kawah Ijen dan penari Gandrung," kata Nia. 

3. Cara Menpar kenalkan Wonderful Indonesia

Gambar Gandrung dan Kawah Ijen Hiasi Taxi dan Bus di Inggris  Dok IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mendukung branding yang ditebar di World Travel Mart London.

“Brand Wonderful Indonesia sudah mendunia. Sudah banyak dikenal di mancanegara. Namun, tetap kita harus promosi. Harus mengenalkan hal-hal baru dan menarik kepada wisatawan. Kita buat mereka penasaran dengan Wonderful Indonesia. Tujuannya, agar mereka mau datang ke Indonesia,” kata Arief Yahya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengucapkan terimakasih atas dukungan Kemenpar yang terus mempromosikan Banyuwangi di kancah internasional. Berbagai branding mulai Tarian Gandrung dan Taman Wisata Alam (TWA) Ijen saat ini berseliweran di London. 


"Saya bangga mendapatkan kiriman foto pak Menteri Pariwisata Arief Yahya pose di depan Black Cab Taxi ada latar penari Gandrung dan Kawah Ijen. Bukti bahwa promosi ini sebagai bentuk dukungan Kemenpar terkait pariwisata Banyuwangi. Terima kasih kepada pemerintah pusat yang selalu mendukung Banyuwangi," ujar Anas.

Imbas dari promosi dari Kemenpar, kunjungan wisatawan ke Banyuwangi terus mengalami peningkatan. Per 2017, ada 98 ribu wisatawan asing yang berkunjung ke daerah berjuluk The Sunrise of Java tersebut. Adapun total wisatawan nusantara mencapai 4,9 juta.

World Travel Mart (WTM) merupakan momentum saat semua pelaku industri pariwisata dunia berkumpul. Kali ini, Kota London dipilih menjadi tuan rumahnya. Momen ini dimanfaatkan Kementerian Pariwisata untuk menebar branding. 
 

Baca Juga: Festival Ngopi Sepuluh Ewu Bakal Digelar Malam Ini di Banyuwangi 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya