RSJ Menur Surabaya Siap Rawat Caleg Gagal 

Yuk, jaga kesehatan mental!

Surabaya, IDN Times - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya bersiap untuk menerima calon legislatif (caleg) yang gagal masuk parlemen di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini. Berbagai tipe kamar pun telah disiapkan. 

1. RSJ Menur selalu siap terima pasien alami masalah mental

RSJ Menur Surabaya Siap Rawat Caleg Gagal rsjmenur.com

Direktur RSJ Menur, drg Vita Dewi mengatakan, ada atau tidak ada  pemilihan caleg, RSJ Menur selalu siap menerima pasien yang mengalami gangguan mental. Pihaknya telah menyiapkan berbagai ruangan, bahkan ada juga kamar untuk pasien yang memiliki penyakit penyerta. 

"Yang jelas tidak ada penolakan pasien, Tipe A paling tinggi, kalau sudah di tipe A tida ada pilihan lain harus dirarawat," ujar dia. 

Baca Juga: Mengawal Suara Disabilitas Mental

2. Memiliki 355 tempat tidur, 277 sudah terisi

RSJ Menur Surabaya Siap Rawat Caleg Gagal Kamar di RSJ Menur Surabaya. (Dok. Istimewa)

RSJ Menur memiliki 355 tempat tidur, 40 tempat tidur untuk yang non jiwa dan 355 tempat tidur untuk jiwa. Dari 355 tempat tidur itu, 277 tempat tidur sudah terisi. 

"Kita jumlahnya 355 bed (tempat tidur) saya maunya caleg semua sukses gak ada yang sakit, gak ada yang depresi. Kalau mau di sini tinggal memfasilitasi mau di ruang apa (jenis kelas)," katanya. 

Ditanya mengenai peningkatan pasien pasca Pemilu 2019, Vita tak bisa memastikan. Karena, ada berbagai latar belakang pasien yang datang ke RSJ Menur. 

"Sebelumnya saya gak ingat, setelah itu ada banyak pasien dengan (berbagai) latar belakang, mungkin salah satunya (caleg)," terang dia. 

Ia menyebut, orang yang mengalami gangguan mental memang mengalami peningkatan. Jumlah tempat tidur di RSJ Menur dua tahun lalu adalah 217, saat ini bertambah menjadi 355 tempat tidur. 

"Artinya kita harus memfasilitasi kebutuhan pasien. Jumlah orang mengalami depresi, masalah mental semakin meningkat. Kenapa RSJ Menuru banyak bed, berarti kesadaran orang periksa mental meningkat, lebih baik jangan sampai sakit, mencegah tidak sampai depresi dan stres berkepanjangan," jelas Vita.

3. Beberapa kelas kamar yang disediakan

RSJ Menur Surabaya Siap Rawat Caleg Gagal Baliho sejumlah peserta Pemilu 2024 di Jalan AP Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (29/11/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Sementara itu, Wakil Direktur RSJ Menur Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan, dr Benediktus Elie Lie mengatakan, ada beberapa kelas kamar di RSJ Menur, mulai dari VVIP, VIP, Kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. 

"Sarpras ada beberapa kriteria, VVIP 3 bed, VIP 6 bed, kelas 1 ada 24 bed, kelas 2 ada 26 bed, dan kelas 3 ada 212 bed," terang dia.

Selain itu, bagi pasien yang memiliki penyakit penyerta juga terdapat ruangan khusus yakni sebanyak 11 tempat tidur. Kemudian ada ruang khusus akut ICU tata tertib jiwa atau intensif psikiater ada 27 tempat tidur. 

"Layanan rawat inap rehabilitasi Napza ada 44 tempat tidur, cukup banyak yang terisi 41 tempat tidur," katanya. 

RSJ Menur telah memiliki 10 psikiater dan 175 perawat yang telah memilki standardisasi. Semua kelas ruangan akan mendapat standart pelayanan yang sama.  

"Kita RS rajungan untuk jiwa, kita harus selalu siap kalau ada rujukan harus bisa menangani. Sarpras, SDM harus siap, pasien membutuhkan kriteria standart kita siap," pungkas dia.

Baca Juga: Memungut Suara ODGJ di Liponsos Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya