Ramadan, Polrestabes Surabaya Patroli Setelah Tarawih hingga Sahur

Wes gak atek sahur on the road rek!

Surabaya, IDN Times - Polrestabes Surabaya akan meningkatkan patroli selama bulan Ramadan 1443 Hijriah untuk mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas. Hal tersebut dikatakan Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol A Yusep Gunawan saat ditemui di Satpas Colombo, Sabtu (2/4/2022).

1. Polisi akan tertibkan pasar sore hingga Kamtibmas usai tarawih

Ramadan, Polrestabes Surabaya Patroli Setelah Tarawih hingga SahurIlustrasi tarawih (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Yusep menuturkan, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi  telah melakukan koordinasi dengan dirinya untuk meningkatkan patroli saat bulan Ramadan. Salah satu yang dibahas adalah meningkatkan patroli pada jam-jam rawan konflik, yakni usai tarawih hingga sahur.

"Pak Wali Kota sudah mengumpulkan kita dan menetapkan strategi pengelolaan situasi Kamtibmas dan pengelolaan dinamika masyarakat di bulan Ramadan terutama dinamika pasar sore serta patroli usai tarawih," ujar Yusep.

"Kami semua akan optimalisasi untuk menjaga dinamika masyarakat di bulan Ramadan," imbuhnya.

2. Pemkot bersama Polrestabes bentuk Tim Asuh Rembulan

Ramadan, Polrestabes Surabaya Patroli Setelah Tarawih hingga SahurWali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Dok. Humas Pemkot Surabaya)

Sementara itu, Pemerintah Kota Surabaya juga telah membentuk Tim Asuh Rembulan untuk menertibkan masyarakat selama bulan Ramadan 1443 Hijriah. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama melakukan ibadah di Kota Pahlawan.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, Tim Asuh Rembulan akan diterjunkan setelah salat tarawih hingga menjelang sahur. Mengingat waktu tersebut adalah jam-jam rawan. 

“Tim ini akan kita terjunkan setelah ibadah salat Tarawih hingga menjelang sahur untuk memastikan keamanan dan ketertiban warga Kota Surabaya," ujar Eri.

Eri menuturkan, tim tersebut nantinya akan melakukan patroli di Kota Pahlawan. Mereka akan menertibkan potensi-potensi konflik sosial hingga balap liar. 

"Karena ada beberapa hal kita antisipasi, seperti balapan liar yang biasanya dilakukan oleh anak-anak remaja,” pungkas Eri.

Baca Juga: Warga Surabaya Boleh Bagi Takjil Asal Jangan di Jalan

3. Pemerintah menetapkan 1 Ramadan pada Minggu 3 April, berikut jadwal imsakiyah di Kota Surabaya

Ramadan, Polrestabes Surabaya Patroli Setelah Tarawih hingga SahurIlustrasi Ramadhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi menetapkan awal Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Hal itu disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

"Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada 1 derajat, 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit," ujar Yaqut dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (1/4/2022).

Kemenag juga telah merilis jadwal imsakiyah Ramadan 2022 di situs bimasislam.kemenag.go.id. Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk Kota Surabaya.

Baca Juga: Ramadan Tiba, Jadwal Imsakiyah Kota Malang Cek di Sini!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya