Ramadan Tiba, Jadwal Imsakiyah Kota Malang Cek di Sini!

Ramadan tiba...Ramadan tiba...

Malang, IDN Times - Pemerintah akhirnya menetapkan 1 Ramadan 1443 pada Ahad, (3/4/2022) besok. Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengatakan penetapan itu berdasarkan pemantauan bulan baru alias hilal di berbagai titik di Indonesia. 

 "Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada 1 derajat, 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit," ujar Yaqut dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (1/4/2022).

1. Jadwal Imsakiyah Kota Malang

Ramadan Tiba, Jadwal Imsakiyah Kota Malang Cek di Sini!Ilustrasi Ramadhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Yaqut menjelaskan, sidang isbat ini diikuti oleh sejumlah perwakilan ormas Islam. Selain itu, ada juga perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR RI dan duta besar negara sahabat. Jadwal imsakiyah Ramadan 2022 sendiri telah dirilis oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI di situs bimasislam.kemenag.go.id. Untuk Kota Malang, berikut adalah jadwal imsakiyahnya.

2. Masjid-masjid besar yang ada di Kota Malang

Ramadan Tiba, Jadwal Imsakiyah Kota Malang Cek di Sini!IDN Times/ Alfi Ramadana

Nah, buat kamu yang ingin lebih banyak menghabiskan waktu Ramadanmu di masjid, berikut adalah beberapa masjid di Kota Malang yang bisa kamu datangi. 

1. Masjid Jami' (Masjid Agung Kota Malang)

Jl. Merdeka Barat No.3, Kauman, Klojen, Kota Malang

 

2. Masjid Sabilillah

Jl. A. Yani No.15, Blimbing, Kota Malang

 

3. Masjid Jendral Ahmad Yani Malang

Jalan Kahuripan No.12, Klojen, Malang, Kota Malang

 

4. Masjid Agung Al Hidayah

Dusun Donowarig, Desa Karangan, Karangploso, Kota Malang

 

5. Masjid Cahyaningati 

Perum Permata Jingga West Area Blok A-18, Jl. Puncak Borobudur, Tunggulwulung, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

3. Muhammadiyah sudah berpuasa lebih dahulu

Ramadan Tiba, Jadwal Imsakiyah Kota Malang Cek di Sini!muhammadiyah.or.id

Meski pemerintah telah menetapkan Ramadan jatuh pada hari minggu, namun Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu 2 April 2022. Hal ini didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

“1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu 2 April 2022 Masehi," demikian bunyi maklumat penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah 1443 Hijriah, yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Muhammadiyah Agung Danarto, sebagaimana dikutip dari ANTARA, Sabtu (12/2/2022).

Dalam maklumat nomor 01/MLM/1.0/E/2022, penetapan 1 Ramadhan itu terjadi ijtimak pada Jumat 1 April pukul 13.27.13 WIB. Tinggi bulan pada saat matahari terbenam di Yogyakarta (-07° 48' LS dan 110° 21' BT) = +04° 50' 25" (hilal sudah wujud), dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam, bulan berada di atas ufuk.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Ramadan 2022 Surabaya, Cek Yuk!

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya