Pemkot Surabaya Bentuk Satpol PP Pariwisata, Apa Itu?

Berbeda dengan Satpol PP biasa

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya telah membentuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pariwisata. Tugas dari Satpol PP Pariwisata ini adalah menajaga destinasi wisata dan jalur pedestarian atau pejalan kaki di Kota Surabaya.

1. Satpol PP Pariwisata bertugas menjaga kebersihan PKL dan menertibkan Prokes

Pemkot Surabaya Bentuk Satpol PP Pariwisata, Apa Itu?Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Dok. Pemkot Surabaya)

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan bahwa, tugas Satpol PP Pariwisata ini adalah menjaga kebersihan Pedagang Kaki Lima (PKL). Dalam bekerja, mereka diminta untuk mengingatkan warga akan kebersihan.

"Satpol PP pariwisata ini gimana dia bisa humanis dan menjaga PKL yang ada di jalan. Contohnya di kedungdoro kan tiap malam ada PKL. Jadi cuci piring dan cuci tangannya bersih. Ini dengan kedekatan humanis," ujar Eri.

Selain menjaga kebersihan PKL, juga akan menjaga protokol kesehatan warga dan pengunjung di jalanan. Mereka ditugasi mengingatkan kan Prokes masyarakat dengan cara humanis. "Mohon protokol kesehatan tetap dijaga," tegas Eri.

Baca Juga: Nyabu, ASN Satpol PP di Surabaya Diberhentikan Sementara

2. Satpol PP Pariwisata diminta bersikap humanis

Pemkot Surabaya Bentuk Satpol PP Pariwisata, Apa Itu?Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto. dok. Diskominfo Surabaya.

Kepala Satpol PP, Eddy Christijanto mengatakan bahwa Satpol PP Pariwisata telah diresmikan pada Jumat (4/3/2022) lalu bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP. Edy mengatakan bahwa, menuturkan bahwa tugas utama Satpol PP Pariwisata adalah menjaga tempat wisata dan pedestasian.

Sesuai pesan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Satpol PP Pariwisata ini wajib bersikap humanis. Hal ini karena, merekalah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Pak wali memberi motivasi Satpol PP hadir untuk rakyat Surabaya. Kita bagian dari rakyat. Institusi Satpol PP ini berbeda karena kita lahir dari rakyat jadi harus memberi keamanan dan kesejahteraan bagi rakyat," urainya.

3. Satpol PP Pariwisata memiliki seragam berbeda

Pemkot Surabaya Bentuk Satpol PP Pariwisata, Apa Itu?Satpol PP Pariwisata yang telah dibentuk Pemkot Surabaya. (dok. Diskominfo Kota Surabaya)

Jika Satpol PP biasa mengenakan seragam coklat tua, tidak dengan Satpol PP Pariwisata. Sergam yang mereka kenakan berwana merah dan bawahan berwarna coklat.

Bukan hanya itu, mereka juga mengenakan topi berwana hitam serta ditambah dengan dasi. "Satpol PP Pariwisata pakai dasi," tandasnya.

Baca Juga: Satpol PP Perketat Pengawasan Perayaan Hari Valentine 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya