Komplotan Spesialis Pembobol Gudang di Surabaya Diringkus Polisi

Mereka mencuri komputer hingga mobil

Surabaya, IDN Times - Polisi membekuk komplotan pelaku spesialis pembobolan pabrik dan gudang di Surabaya. Mereka telah membobol Pabrik Masker di Jalan Sukomanunggal Surabaya pada Rabu (7/12/022) lalu. Pelaku yakni AS, SH, DD serta tiga orang penadah RM, HF dan AD. 

1. Pelaku melancarkan aksi saat pabrik kosong

Komplotan Spesialis Pembobol Gudang di Surabaya Diringkus PolisiPara pelaku pencurian pembobolan gudang dan pabrik di Surabaya diringkus polisi. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Mirzal Maulana mengatakan, eksekutor pembobolan tersebut adalah AS dan SH. Pada Rabu (7/12/2022) lalu mereka melancarkan aksinya, keduanya dibantu oleh DD saat pabrik dalam kondisi kosong. 

"Pelaku masuk ke dalam Pabrik dengan cara mencongkel jendela menggunakan besi bubut sehingga jendela terbuka, dan masuk ke ruangan Komputer," ujar Mirzal saat ungkap kasus di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: LBH Surabaya Terima 50 Kasus Pelanggaran HAM, Didominasi HAK Buruh

2. Sejumlah barang dicuri pelaku

Komplotan Spesialis Pembobol Gudang di Surabaya Diringkus PolisiBarang bukti pencurian dari sejumlah gudang dan pabrik di Surabaya. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Saat sudah berada di dalam, keduanya berusaha mencari barang berharga dengan cara membuka lemari menggunakan kunci yang ditemukan di dalam sebuah dompet kecil. Karena tak menemukan barang berharga, mereka pun mengambil komputer, tv hingga mobil. 

"Karena tidak menemukan barang berharga, tersangka mengambil Komputer yang ada diruangan tersebut, selain komputer ada handphone, TV, Kompresor, Mobil Isuzu Traga warna putih dan satu unit sepeda motor," ungkap dia. 

AS dan SH berhasil membawa barang-barang tersebut. Hasil kejahatan itu dijual ke penadah bernama RM, oleh RM dijual ke HF. Oleh HF lalu dijual ke AD. 

3. Pelaku kerap membobol sejumlah gudang di Surabaya

Komplotan Spesialis Pembobol Gudang di Surabaya Diringkus PolisiPara pelaku pencurian pembobolan gudang dan pabrik di Surabaya diringkus polisi. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Selain melakukan membobol pabrik masker, sebelumnya SH dan AS juga melakukan pembobolan di beberapa TKP lainnya di Surabaya. Seperti di gudang jalan Mentor Surabaya, Pada Senin (14/12/2022). 

"Membawa satu unit truk Hino dan dan satu unit carry pickup," jelasnya. 

Mereka juga melakukan pembobolan di jalan Tembok sayuran Surabaya pada Rabu, (9/11/2022). Satu unit mobil Avanza berhasil mereka bawa. 

Mereka pun disangkakan dengan pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan ancaman hukuman di atas lima tahun. 

Baca Juga: Sudah Dilarang, Masih Ada Penjual Terompet di Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya