Kecelakaan Bus di Tol Dupak Surabaya, Penumpang Rebut Kemudi 

Tiga orang tewas dalam kecelakaan di Tol Dupak Surabaya

Surabaya, IDN Times - Sebuah bus pariwisata dan truk mengalami kecelakaan di tol Dupak KM 4-100 Surabaya, Sabtu (5/3/2022). Kecelakaan itu disebabkan ada salah satu penumpang yang diduga depresi tiba-tiba merebut kemudi sopir, hingga bus tak terkendali menabrak truk yang melaju di lajur berlawanan. Tiga orang tewas dalam kecelakaan yang terjadi pukul 11.45 itu.

1. Bus membawa rombongan peziarah dari Palembang

Kecelakaan Bus di Tol Dupak Surabaya, Penumpang Rebut Kemudi Polisi melakukan pemeriksaan di lokasi kecelakan bus pariwisata dengan truk di Tol Dupak - Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (5/3/2022). Kecelakaan antara bus pariwisata bernopol D 7610 AT yang memuat rombongan peziarah dengan truk 'Colt Diesel' nomor polisi W 9948 Z itu diduga disebabkan salah satu penumpang bus merebut kendali kemudi dari sopir bus dan menabrak truk 'Colt Diesel' dari arah berlawanan. Dalam kecelakaan itu sopir truk dan kernetnya meninggal dunia di lokasi kecelakaan. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/wsj.

Kasat PJR Polda Jatim Dwi Sumrahadi Rakhmanto, mengatakan bahwa bus dengan nopol D 7610 AT ini membawa rombongan peziarah dari Palembang. Setidaknya dalam bus tersebut terdapat 43 penumpang 1 sopir dan 1 kernet.

"Bus pariwisata BSI nopol D 7610 AT membawa rombongan ziarah dari Palembang yang usai ziarah dari Sunan Ampel tengah bertujuan ke Jombang" ujar Dwi.

Baca Juga: Kecelakaan di Tol Jombang, Vanessa Angel Berencana ke Surabaya

2. Bus bertabrakan dengan truk setelah ada penumpang merebut kemudi

Kecelakaan Bus di Tol Dupak Surabaya, Penumpang Rebut Kemudi Petugas mengevakuasi bus pariwisata dan truk yang terlibat kecelakaan di Tol Dupak - Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (5/3/2022). Kecelakaan antara bus pariwisata bernopol D 7610 AT yang memuat rombongan peziarah dengan truk 'Colt Diesel' nomor polisi W 9948 Z itu diduga disebabkan salah satu penumpang bus merebut kendali kemudi dari sopir bus dan menabrak truk 'Colt Diesel' dari arah berlawanan. Dalam kecelakaan itu sopir truk dan kernetnya meninggal dunia di lokasi kecelakaan. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/wsj.

Dwi mengatakan, kecelakaan berawal saat bus pariwisata nopol D 7610 AT melaju di lajur kanan dari arah Dupak Surabaya menuju Waru, Sidoarjo. Lalu, saat sampai di KM 4.100/A tiba-tiba salah satu penumpang yang diduga depresi merebut kemudi dari sopir.

"Di KM 4.100/A ada salah satu penumpang bernama Burniat merebut kemudi setir dari sopir dan membanting setir ke lajur berlawanan sehingga menabrak truk Colt Diesel nopol W 9948 NZ yang melaju dari Waru, Sidoarjo menuju Perak, Surabaya. Selain menabrak truk, bus tersebut juga menabrak perambuan dan beton pembatas jalan," kata Dwi.

3. Tiga orang penumpang meninggal dunia

Kecelakaan Bus di Tol Dupak Surabaya, Penumpang Rebut Kemudi Petugas mengevakuasi jenazah korban kecelakaan bus pariwisata dengan truk di Tol Dupak - Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (5/3/2022). Kecelakaan antara bus pariwisata bernopol D 7610 AT yang memuat rombongan peziarah dengan truk 'Colt Diesel' nomor polisi W 9948 Z itu diduga disebabkan salah satu penumpang bus merebut kendali kemudi dari sopir bus dan menabrak truk 'Colt Diesel' dari arah berlawanan. Dalam kecelakaan itu sopir truk dan kernetnya meninggal dunia di lokasi kecelakaan. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/wsj.

Dwi menuturkan bahwa dari kejidian ini, 3 orang meninggal dunia yakni sopir dan kernet truk Colt Diesel, serta satu penumpang yang merebut kemudi. Selain itu 2 orang luka berat dan 4 orang luka ringan.

"Identitas sopir bus bernama Tatang Haryana asal Bandung, identitas sopir truk belum diketahui," tuturnya. 

Sementara untuk olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan kini tengah ditangani Polres Pelabuhan Tanjung Perak "Sudah ditangani Polres Pelabuhan Tanjung Perak," tandasnya.

Baca Juga: 4 Fakta Kecelakaan Vanessa Angel di Jalan Tol Jombang

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya