Jelang HUT RI Ke-78, 10 Ribu Bendara Gratis untuk Warga Surabaya

Yang belum dapat jangan khawatir

Surabaya, IDN Times - Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-78, 10 ribu bendera merah putih mulai dibagikan Pemerintah Kota Surabaya untuk warga Kota Pahlawan. Hal tersebut Menindaklanjuti instruksi Surat Edaran (SE) dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) Republik Indonesia tentang imbauan memasang bendera dan umbul-umbul menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78. 

1. Imbauan pemasangan bendera disebarkan ke seluruh OPD

Jelang HUT RI Ke-78, 10 Ribu Bendara Gratis untuk Warga SurabayaIlustrasi pemasangan bendera merah putih di rumah-rumah warga dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 75 (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya Maria Theresia Ekawati Rahayu mengatakan, imbauan tersebut sudah disampaikan kepada jajaran di Pemkot Surabaya melalui SE Sekretaris (Sekda) Daerah Kota Surabaya nomor 400.14.1.1/15547/436.8.6/2023 pada 19 Juli 2023. Surat itu ditujukan kepada jajaran PD, Camat, Lurah, RT/RW di seluruh Kota Surabaya.  

“Sudah, kami menindaklanjuti surat dari Kementerian Sekretariat Negara, Pak Sekda sudah membuat surat edaran kepada PD di lingkungan Pemkot Surabaya. Tujuannya untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78,” kata Maria, Minggu (30/7/2023). 

Di dalam SE tersebut juga disebutkan, masing-masing PD diminta untuk mensosialisasikan imbauan partisipasi menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78. “Misalnya, Bagian Perekonomian itu meneruskan kepada BUMD, kemudian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Surabaya itu meneruskan kepada para pengusaha, kemudian Disperinaker ke perusahaan swasta, para camat juga diminta untuk meneruskan di RT/RW dan LPMK wilayahnya masing-masing,” ujarnya. 

Dalam menyemarakkan HUT RI Kemerdekaan ke-78 tahun 2023, tema yang diusung adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Sementara itu, penggunaan dan ketentuan logo untuk dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, hingga baliho, Kemensetneg RI telah menyediakannya dan bisa diunduh melalui website www.setneg.go.id.

Baca Juga: Pemprov Larang Sekolah Jual Seragam, Pemkot Surabaya Izinkan, Tapi...

2. 10 ribu bendera telah dibagikan untuk warga Surabaya

Jelang HUT RI Ke-78, 10 Ribu Bendara Gratis untuk Warga SurabayaPetugas memasang bendera merah putih dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI yang ke 75 pada 17 Agustus 2020 mendatang (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Maria menyampaikan, di tahun 2023 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia juga berpartisipasi dalam gerakan 10 juta bendera yang akan dibagikan kepada seluruh lapisan masyarakat. 10 ribu bendera telah dibagikan sejak 1 Juni 2023 lalu. 

“Kemarin pada 1 Juni 2023, Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) secara simbolis menyerahkan bendera kepada forum LPMK, FKUB, hingga Forum Pembauran Kebangsaan. Kemudian, dari masing-masing PD juga sudah mengumpulkan bendera, termasuk kelurahan dan kecamatan untuk dibagikan,” sampainya. 

3. Camat dan lurah akan bagikan ke kampung-kampung

Jelang HUT RI Ke-78, 10 Ribu Bendara Gratis untuk Warga Surabayacosygallery

Dia menambahkan, warga tidak perlu khawatir tidak kebagian bendera pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Sebab, pemkot melalui kecamatan dan kelurahan akan membagikannya secara langsung ke perkampungan warga. Dia berharap kepada seluruh warga Kota Surabaya untuk berpartisipasi, menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 dengan mengibarkan bendera merah dan putih di wilayahnya masing-masing mulai 1-31 Agustus 2023.

"Kepada para pengusaha juga sudah dilakukan imbauan untuk membagikan bendera di sekitarnya masing-masing. Jadi tidak perlu dikumpulkan di pemerintah kota, tapi langsung dibagi kepada warga," pungkasnya. 

Baca Juga: Eri Cahyadi Siap Jadi Jurkam Ganjar Pranowo di Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya