Comscore Tracker

Idul Adha 2022, RPH Surabaya Potong 168 Ekor Sapi Sehat

70 ekor akan dipotong esok

Surabaya, IDN Times - Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surabaya telah menerima 168 ekor sapi untuk dilakukan penyembelihan di momen Idul Adha 2022 kali ini. 168 ekor sapi tersebut telah mengantongi surat sehat.

1. 19 ekor sapi dipotong hari ini

Idul Adha 2022, RPH Surabaya Potong 168 Ekor Sapi SehatSuasana RPH Surabaya, Sabtu (9/7/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Direktur RPH Surabaya, Fajar Arifianto Isnugrogo mengatakan, dari 168 ekor sapi tersebut, 19 ekor telah dipotong hari ini, Sabtu (9/7/2022). Hal tersebut mengingat, sebagian umat Islam tengah merayakan Idul Adha hari ini.

"Hari ini RPH surabaya memulai pemotongan kurban, kami menyiapkan 5 tim pemotongan dan 5 tim pengemasan karena memang hari Sabtu ini ada beberapa yang hari raya Idul Adha," ujar Fajar.

Sementara untuk besok, ada 70 ekor sapi dan 17 ekor kambing. Di hari Senin 60 ekor dan hari Selasa 40 ekor.

"Kami menyiapkan waktu sampai dengan hari Rabu sehingga masyarakat yang menggunakan jasa potong hewan di RPH kami siap melaksanakan pemotongan yang sehat di masa PMK ini," ujar Fajar saat ditemui di RPH Surabaya.

Baca Juga: Pria Misterius Bakar Diri di SPBU Surabaya

2. RPH jamin semua hewan kurban sehat

Idul Adha 2022, RPH Surabaya Potong 168 Ekor Sapi SehatPlt Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak saat meninjau pemotongan hewan kurban di RPH Surabaya, Sabtu (9/7/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Fajar menjamin, semua hewan yang disembelih dan dipotong di RPH adalah hewan kurban yang sehat dan bebas PMK. Sebab, mayoritas hewan kurban yang disembelih dan dipotong di RPH adalah hewan kurban yang dibeli di kandang RPH.

"Beli sapi di RPH sudah pasti sehat, kalau dari luar kami gak mau resiko," ungkap Fajar.

Jika hewan kurban berasal dari luar, maka, hewan kurban tersebut harus disertai dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Jika tidak ada, maka RPH akan memberikan surat pernyataan.

"Kami buatkan surat pernyataan bahwa pengkorban bertanggung jawab terhadap hewan yang dipotong di sini (RPH) yang tanpa surat. Kami tidak mau disalahkan karena hewan dari luar," jelasnya.

3. Sapi dari luar dipastikan tidak bergejala PMK

Idul Adha 2022, RPH Surabaya Potong 168 Ekor Sapi SehatIlustrasi sapi. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Ia memastikan, semua hewan kurban dipastikan kondisinya tidak bergejala PMK. Pihaknya akan melakukan pemeriksaan mulai dari pemeriksaan antermortem sebelum dipotong dan aftemosdem setelah dipotong.

"Sapi akan disitirahatkan selama 12 jam. Lalu sop kami surat menjadi kewajiban pertama, asal hewan dari daerah wabah atau bukan, kami akan tolak kalau berasal Sidoarjo, Mojokerto, Gresik dan Lmongan, karena daerah wabah," pungkasnya.

Baca Juga: Emil Pastikan Penyembelihan Hewan Kurban di RPH Aman dari PMK

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya