Hari Kedua Arus Balik, Penumpang Bandara Juanda Tembus 45 Ribu

Yang tertinggi sepanjang musim mudik tahun ini

Sidoarjo, IDN Times - Hari kedua puncak arus balik mudik Lebaran 2022, Minggu (8/5/2022) jumlah penumpang di Bandaea Juanda mencapai 45.414 penumpang. Jumlah tersebut lebih tinggi jika dibanding pada Sabtu (7/5/2022) sebanyak 42.599 penumpang.

1. Jumlah penumpang masih belum menyamai sebelum pandemik

Hari Kedua Arus Balik, Penumpang Bandara Juanda Tembus 45 RibuPenumpang di Bandara Juanda. Dok. Humas Bandara Juanda.

General Manager Bandara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar mengatakan meski ada peningkatan jumlah penumpang yang signifikan, jika dibanding dengan periode sebelum pandemik, jumlah tersebut belum menyamai.

"Di masa peak season seperti ini, sebelum pandemi kami bisa melayani rata-rata 50 hingga 55 ribu penumpang, saat ini di periode posko yang sudah berjalan, rata-rata sejumlah 34 ribu penumpang yang kami layani per hari," ujar Sisyani.

2. Jumlah penumpang menjadi yang tertinggi pada musim mudik tahun ini

Hari Kedua Arus Balik, Penumpang Bandara Juanda Tembus 45 RibuPetugas melakukan pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas 1 Surabaya wilayah kerja bandara Juanda meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang berasal dari negara China ke wilayah Indonesia. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.

Ia menuturkan, peningkatan jumlah penumpang selama dua hari terakhir juga menjadi yang tertinggi selama tahun 2022. Sebelumnya angka tertinggi tercapai saat puncak arus mudik, yakni sejumlah 38.071 penumpang pada Jumat (29/4/2022).

Melihat situasi arus balik dan mudik yang terjadi, Sisyani berharap, kondisi trafik dapat terjaga di atas 27 ribu penumpang per hari setelah periode Posko Angkutan Lebaran 2022. Dirinya optimis hal tersebut dapat terjadi mengingat saat ini kebijakan syarat terbang telah dipermudah dengan tidak diwajibkannya antigen/PCR jika penumpang telah memperoleh vaksin booster.

Baca Juga: Penumpang di Bandara Juanda Mulai Meningkat 

3. Posko Lebaran akan dibuka hingga 10 Mei

Hari Kedua Arus Balik, Penumpang Bandara Juanda Tembus 45 RibuPenumpang di Bandara Juanda. Dok. Humas Bandara Juanda.

Sementara itu, Posko Angkutan Lebaran Tahun 2022 masih akan berjalan hingga 10 Mei 2022. Hingga hari ke-14 pelaksanaan posko atau Sabtu (7/5/2022) kemarin, Bandara Juanda telah melayani sebanyak 475.694 dan diprediksi akan melayani hingga 503.913 penumpang saat posko berakhir.

"Selama periode posko tidak ada kejadian ireguler yang mengganggu pelayanan kepada pengguna jasa berkat kerjasama yang baik dengan seluruh instansi yang terlibat posko," pungkas Sisyani.

Baca Juga: Arus Balik via Bandara Juanda Melebihi Prediksi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya