GBT Diajukan Jadi Venue Pildun U-17, Eri Siapkan Ini

UMKM disiapkan untuk membuat souvernir

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengajukan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menjadi venue Piala Dunia (Pildun) U-17 2023. Berbagai hal seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), paket wisata hingga transportasi pun segera disiapkan. 

1. Bila ditunjuk akan lanngsung siapkan segala hal

GBT Diajukan Jadi Venue Pildun U-17, Eri Siapkan IniPekerja membersihkan bagian tribun penonton di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/9/2020) (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Eri mengatakan, bila nantinya Stadion GBT  ditunjuk sebagai venue Pildun 2023, ia akan menyiapkan segala hal. Salah satunya adalah menggerakkan UMKM untuk menyediakan souvernir Piala Dunia. 

"Sudah kita siapkan semua, Insyaallah setelah ditunjuk langsung kita jalan, termasuk souvenir dan lain-lain yang akan dibuat oleh UMKM," ujarnya, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga: Stadion GBT Bakal Disulap Seperti Anfield di Liverpool

2. Piala dunia adalah kesempatan menggerakan ekonomi

GBT Diajukan Jadi Venue Pildun U-17, Eri Siapkan IniTampak Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dari dalam (Dok. Pemkot Surabaya)

Eri menyebut, gelaran sepak bola internasional ini adalah kesempatan untuk menggerakkan ekonomi Kota Surabaya. Mulai dari sektor perhotelan, UMKM hingga tempat wisata. 

"Ini kesempatan menggerakkan ekonomi kota Surabaya. Dari hotel, UMKM, tempat wisata dan lain-lain," terang dia. 

Eri juga menyiapkan paket wisata khusus untuk para penonton dari luar Surabaya. Dirinya akan bekerjasama dengan agensi trevel dan hotel. 

"(Wisata unggulan) Banyak, wisata haritage (perjuangan) atau wisata alam juga Tunjungan Romansa dan Kya-Kya," tutur Eri.

3. Transportasi publik akan dimaksimalkan

GBT Diajukan Jadi Venue Pildun U-17, Eri Siapkan IniGemerlap Kota Surabaya tampak dari udara. (Dok. Diskominfo Surabaya)

Sementara untuk transportasi publik seperti Suroboyo Bus dan Feeder Wira Wiri Suroboyo akan dimaksimalkan. Sembari kedua transportasi tersebut terus dievaluasi. 

"Dua-duanya (dimaksimalkan) sambil kita lakukan evaluasi," pungkas dia. 

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Ajukan Stadion GBT Jadi Venue Piala Dunia U-17

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya