Suprawoto, Bupati Magetan yang Akrab dengan Dunia Kehumasan

Usai pensiun, ia terjun ke dunia politik

Magetan, IDN Times - Media dan pemerintahan memang tak bisa dipisahkan. Keduanya terjembatani oleh adanya bidang kehumasan di masing-masing instansi. Bidang kehumasan ini pula yang selama puluhan tahun digeluti oleh Bupati Magetan, Suprawoto. Sebelum menjadi orang nomor satu di Magetan, ia pernah menjabat beberapa posisi strategis di bidang kehumasan. Berikut adalah profil singkatnya.

1. Ia berkecimpung di dunia kehumasan Jatim selama bertahun-tahun

Suprawoto, Bupati Magetan yang Akrab dengan Dunia KehumasanBupati Magetan Suprawoto (dua dari kanan) bersama jajaran Forkopimda Magetan saat sedang konferensi pers di Pendapa Surya Graha, Minggu (23/3). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Suprawoto lahir pada 3 Februari 1956 di Magetan. Ia menghabiskan studinya di tanah kelahiran hingga lulus SMA pada tahun 1975. Setelah itu, pria yang akrab disapa kang Woto tersebut melanjutkan pendidikannya di Universitas Gadjah Mada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Ilmu Pemerintahan serta Fakultas Hukum Universitas Putra Bangsa. Tak puas dengan gelar sarjana ia melanjutkan S-2 pada Ilmu Politik Universitas Airlangga lulus 1998 dan S-3 Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya lulus tahun 2007.

Setelah lulus sarjana, Suprawoto mencicipi beberapa jabatan di dunia kehumasan dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Salah satu jabatan yang ia emban adalah Kepala Humas PON Jatim pada tahun 2000. Setelah itu karirnya melejit dan terpilih menjadi Kepala Dinas Kominfo Jatim pada tahun 2002-2005. 

2. Ia kemudian ditarik ke Jakarta

Suprawoto, Bupati Magetan yang Akrab dengan Dunia KehumasanBupati Magetan Suprawoto. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Pada era Menteri Komunikasi dan Informatika Sofyan Djalil, Suprawoto ditarik ke Jakarta. Ia menduduki beberapa posisi penting di kementerian tersebut. Pergantian menteri semakin membuat karirnya melesat. Puncaknya adalah saat ia didapuk sebagai Sekretaris Jenderal pada tahun 2014-2016. Setelah itu ia pensiun sebagai abdi negara.

Setelah tak lagi menjadi karyawan Kemenkominfo, ia malah terjun ke dunia politik. Ia bahkan ditawari untuk maju menjadi Bupati Magetan. Sempat ragu, ia lalu mengiyakan tawaran tersebut. 

Baca Juga: Berlaga di Moto3, Pembalap Magetan Didukung Marquez dan Espargaro

3. Maju di Pilkada dan menang

Suprawoto, Bupati Magetan yang Akrab dengan Dunia KehumasanIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Pada tahun 2018, Suprawoto maju di Pilkada Magetan. Ia berpasangan dengan Wakil Bupati Nanik Endang Rusminarti. Pasangan yang diusung oleh partai Demokrat, PPP dan Hanura itu pun memenangkan kontes politik tersebut. Mereka resmi dilantik sebagai kepala daerah Magetan sejak 28 September 2018 dan akan menjabat sampai tahun 2023. 

Baca Juga: Dua Rumah di Magetan Rusak Tertimpa Tanah Longsor

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya