Comscore Tracker

Dua Rumah di Magetan Rusak Tertimpa Tanah Longsor

Petugas gabungan lakukan kerja bakti

Magetan, IDN Times - Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, TNI, Polri dan warga Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol melakukan kerja bakti, Kamis (25/11/2021) pagi. Mereka berupaya membersihkan material longsor yang menimpa dua rumah warga setempat.

Bencana itu terjadi pada Rabu (24/11/2021) siang. Material berupa tanah dan bebatuan amblas dari bukit dengan ketinggian sekitar 100 meter setelah diguyur hujan selama tiga jam.

 "Petugas kami sudah berangkat ke sana (Dusun Wonomulyo) untuk melakukan evakuasi," kata Kepala Pelaksana BPBD Magetan, Ari Budi Santosa.

1. Pembersihan material longsor dilakukan dengan cara manual

Dua Rumah di Magetan Rusak Tertimpa Tanah LongsorIlustrasi Daerah Rawan Longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut dia, proses evakuasi diprioritaskan untuk rumah yang tertimpa tanah longsor. Kondisi dua kediaman warga itu mengalami kerusakan terutama pada bagian atap. Adapun nilai kerugian materialnya ditaksir sekitar Rp 50 juta. "Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka," ujar Ari.

Selain rumah, proses pembersihan juga dilakukan pada jalan desa yang masih tertutup tanah longsor. Kegiatan ini dilakukan dengan cara manual atau tanpa menggunakan alat berat. Sebab, lokasi longsor sulit diakses kendaraan berat. Apalagi, letak dusun yang berada pada ketinggian 1.300 MDPL kawasan anak Gunung Lawu sebelah selatan.

Baca Juga: Viral Perempuan Jalan di Tengah Jalur Magetan-Sarangan, Ini Ceritanya

2. Empat kejadian lain juga terjadi pada hari yang sama

Dua Rumah di Magetan Rusak Tertimpa Tanah LongsorIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain di Dusun Wonomulyo, tanah longsor juga terjadi di empat titik lain di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol pada Rabu kemarin. Jalan antardusun sempat tertutup material longsor dan pagar sebuah lembaga pendidikan rusak.

Namun, hingga kini pihak BPBD masih melakukan penghitungan kerugian material akibat bencana hidrometeorologi itu. Di tengah berlangsungnya cuaca ekstrem yang dipengaruhi perubahan musim, warga perlu mewaspadai longsor dan banjir.

 

3. Destana sudah disiapkan menangani bencana

Dua Rumah di Magetan Rusak Tertimpa Tanah LongsorIDN Times/Nena Zakiah

Apalagi, sejak Januari hingga 24 November 2021 sudah tercatat 51 kejadian tanah longsor. Adapun lokasinya berada di wilayah Kecamatan Poncol, Plaosan, Panekan, dan Parang. "Daerah barat (Magetan) memang dipetakan rawan longsor," kata Ari.

Sedangkan daerah yang dinyatakan rawan banjir berada di wilayah Kecamatan Kartoharjo dan Kecamatan Magetan. "Kami sudah menyiapkan diri dengan melakukan pelatihan dan penguatan di internal BPBD. Upaya ini juga dilakukan pihak Destana (Desa Tanggap Bencana)," jelas dia.

 

Baca Juga: Khawatir Longsor Susulan, 31 Warga Ponorogo Mengungsi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya