Sudah Sebulan Belasan Sekolah di Lamongan ini Terendam Banjir

Banjir akibat meluapnya Sungai Bengawan Njero

Lamongan, IDN Times - Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan mencatat sedikitnya ada belasan sekolah terendam banjir akibat meluapnya Sungai Bengawan Njero. Banjir yang telah terjadi selama satu bulan terakhir ini, juga memaksa puluhan siswa belajar di rumah mereka masing-masing. Padahal sesuai jadwal pada Senin, (3/1/2022), lalu pembelajaran tatap muka seharusnya dilakukan.

1. Disdik Lamongan minta sekolah bikin belajar kelompok

Sudah Sebulan Belasan Sekolah di Lamongan ini Terendam BanjirMasih terendam banjir, aktivitas belajar mengajar dihentikan. IDN Times/Imron

Kepala Dinas Pendidikan Lamongan, Munif Syarif mengatakan, sejumlah sekolah yang saat ini masih tergenang air akibat banjir masih belum bisa menggelar kegiatan belajar mengajar. Meski begitu, Disdik Lamongan telah menginstruksikan kepada setiap sekolah agar menggelar kegiatan belajar kelompok.

"Ada belasan sekolah yang terendam banjir dan kita sudah instruksikan agar masing-masing sekolah tersebut menggelar belajar kelompok. Jadi dalam satu kelompok itu akan didatangi oleh para guru," ungkap Syarif, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Derita Para Petani Tambak Lamongan, Rugi Rp34 Miliar Akibat Banjir

2. Sekolah tidak berani menggelar kegiatan belajar

Sudah Sebulan Belasan Sekolah di Lamongan ini Terendam BanjirKepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Munif Syarif . IDN Times/Imron

Syarif mengatakan, bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di sepanjang aliran Sungai Bengawan Njero tersebut sangat rawan jika pihak sekolah memaksa para murid untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dikhawatirkan siswa bisa saja tenggelam karena ketinggian air masih dalam.

"Jadi memang ada titik tempat yang airnya masih sangat dalam, kalau ini kita paksakan masuk resiko anak itu bermain dan tenggelam. Selain itu kondisi seperti ini juga rawan sekali terkena penyakit kulit," terangnya.

Baca Juga: SDN di Lamongan Terendam Banjir, Aktivitas Belajar Mengajar Diliburkan

3. Satu bangunan sekolah roboh akibat diterjang angin puting beliung

Sudah Sebulan Belasan Sekolah di Lamongan ini Terendam BanjirMasih terendam banjir, aktivitas belajar mengajar dihentikan. IDN Times/Imron

Selain terdampak banjir, sejumlah sekolah di beberapa kecamatan juga mengalami kerusakan hingga roboh akibat terjangan angin puting beliung. Adapun sekolah yang terendam banjir yakni SD Kemlagilor, SDN Putat Kumpul, SDN Tiwet, SDN Jalak Catur, Pucangtelu, SDN Weduni, Sidomulyo, Gempol Pendodo, Pendowo Kumpul dan Somosari. 

"Dan untuk sekolah yang ada di Kecamatan Babat itu ada tiga sekolah. Selain itu mas ada satu sekolah yang roboh akibat diterjang angin puting beliung di Desa Ngunjungrejo, Kecamatan Turi," pungkasnya.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya