Comscore Tracker

Pelantikan Presiden, Pelajar di Lamongan Bentangkan Bendera Raksasa  

Bupati ajak masyarakat Lamongan hidup rukun

Lamongan, IDN Times- Ratusan pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Lamongan membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa di alun-alun kota Jalan Lamongrejo, Minggu (20/10). Acara tersebut merupakan bentuk penyambutan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Tak hanya para pelajar, ratusan personel TNI, Polri, Banser, Dinas Perhubungan dan tokoh masyarakat juga menggelar aksi serupa. Mereka membentangkan bendera merah putih sepanjang 700 meter yang mengelilingi sepanjang jalan alun-alun.

1. Bupati ajak masyarakat hidup bersatu meski beda pilihan pemimpin

Pelantikan Presiden, Pelajar di Lamongan Bentangkan Bendera Raksasa  IDN Times/ Imron

Bupati Lamongan Fadeli mengatakan, parade merah putih yang diikuti ratusan pelajar, Forkopimda dan elemen masyarakat, menandakan bahwa proses pemilihan presiden dan wakilnya sudah selesai. Masyarakat yang sebelumnya bersebrangan karena beda pilihan pemimpin juga diminta untuk hidup akur kembali.

"Kita telah bisa melalui proses panjang pesta demokrasi yang puncaknya adalah pelantikan presiden dan wakil presiden secara aman, damai, dan kondusif," ucapnya.

2. Keamanan di Lamongan perlu dijaga

Pelantikan Presiden, Pelajar di Lamongan Bentangkan Bendera Raksasa  IDN Times/ Imron

Fadeli mengajak warga Lamongan untuk terus menjaga kondusivitas keamanan di wilayah Lamongan. Lamongan sendiri adalah daerah yang dinobatkan menjadi kabupaten percontohan kerukunan umat beragama di Indonesia. "Tentunya kami juga menyambut baik gelaran parade merah putih ini sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap NKRI," jelasnya.

Baca Juga: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Bendera Raksasa Berkibar di Suramadu

3. Kapolres nyatakan Lamongan dalam kondisi aman

Pelantikan Presiden, Pelajar di Lamongan Bentangkan Bendera Raksasa  IDN Times/ Imron

Sementara itu Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan, sejauh ini kondisi keamanan di Lamongan masih aman. Bahkan tidak terdeteksi adanya warga yang berangkat ke Jakarta untuk menganggu proses pelantikan presiden dan wakilnya. "Alhamdulillah sejauh ini Lamongan masih kondusif dan kami minta masyarakat jangan memobilisasi massa untuk berangkat ke Jakarta," imbuhnya.

4. Intrusikan personel keamanan tetap berjaga di wilayah masing-masing

Pelantikan Presiden, Pelajar di Lamongan Bentangkan Bendera Raksasa  IDN Times/ Imron

Meski situasi keamanan di Lamongan kondusif, namun pihaknya meminta seluruh jajaran kepolisian di setiap polsek untuk tetap waspada. Mereka diminta tetap melakukan pengamanan sesuai dengan instruksi Polda Jatim.

"Bapak Kapolda Jatim mengintruksikan kepada kami agar tetap menjaga keamanan, dan semoga acara pelantikan presiden dan wakil presiden berjalan aman," harapnya.

Baca Juga: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin akan Dihadiri Lebih dari 20 Tamu Negara

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya