Comscore Tracker

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Bendera Raksasa Berkibar di Suramadu

Keren nih!

Surabaya, IDN Times - Bendera raksasa dengan ukuran 5x1.000 meter membentang di Jembatan Suramadu, Minggu (20/10). Tak hanya itu, barisan perahu motor membawa bendera merah putih juga melaju di perairan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura tersebut.

Rupanya, ribuan masyarakat ini sedang melakukan parade merah putih. Parade dilakukan untuk menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin.

1. Diikuti 2 ribu perserta

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Bendera Raksasa Berkibar di SuramaduIDN Times/Istimewa

Kapolres Bangkalan AKBP Rama S. Putra mengatakan, parade merah putih diikuti sekitar 2 ribu masyarakat. Dalam parade itu, selain bendera raksasa juga ada 1.000 bendera dikibarkan dan 1.000 balon diterbangkan.

"Hari ini kami gelar pertama dengan Polres Tanjung Perak dengan Forkompinda Bangkalan. Ini sebagai wujud bahwa Bangkalan, Pulau Madura dan Polres Tanjung Perak mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dan berharap Jatim aman untuk Indonesia damai," ujarnya.

2. Melibatkan 100 perahu nelayan

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Bendera Raksasa Berkibar di SuramaduIDN Times/Istimewa

Untuk perahu yang dilibatkan dalam parade merah putih ada 100 unit. Semua perahu itu merupakan milik nelayan sekitar. Mereka berpartisipasi mengibarkan bendera merah putih di atas perahunya.

"Nelayan juga parade pengibaran merah putih, ada 100 perahu nelayan dari pesisir Kamal, Kenjeran," kata Rama.

Baca Juga: Sambut Pelantikan Jokowi, Warga Madiun Gelar Panggung Merah-Putih  

3. Personel keamanan siaga

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Bendera Raksasa Berkibar di SuramaduIDN Times/Istimewa

Rama menambahkan, untuk pengamanan jajaran kepolisian di wilayah Madura telah meningkatkan kesiagaan sebelum hari pelantikan. Totalnya ada 500 personel yang dilibatkan.

"Setiap malam kami siaga, termasuk juga dengan patroli skala besar bergabung dengan instansi terkait terutama TNI dan satpol PP. Kami melibatkan sekitar 350 hingga 500 personel untuk tetap siaga sampai hari ini," jelasnya.

4. Ada di pusat kabupaten hingga perbatasan

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Bendera Raksasa Berkibar di SuramaduIDN Times/Istimewa

Ratusan personel yang siaga, lanjut Rama, tersebar di wilayah pusat kabupaten. Seperti halnya, di alun-alun hingga perbatasan. "Terutama di Suramadu termasuk juga titik-titik di wilayah Polsek yang ada potensi tapi sejauh ini masih kondusif di Bangkalan secara umum," tandasnya.

Baca Juga: Setumpuk Harapan Pengungsi Syiah Sampang untuk Jokowi-Ma'ruf Amin

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You