Lebih dari 20 Tamu Negara Asing Hadiri Pelantikan Jokowi, Siapa Saja?

Ada PM Singapura hingga Wakil Presiden Tiongkok lho!

Jakarta, IDN Times - Sama seperti upacara pelantikan pada Presiden dan Wapres terpilih pada lima tahun lalu, pada hari ini pemerintah juga mengundang tamu dari negara asing untuk mengikuti upacara pelantikan yang digelar di gedung MPR/DPR. Ada lebih dari 20 tamu dari negara sahabat yang khusus terbang hanya untuk bertemu Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin pada Minggu (20/10). 

Sejak semalam mereka sudah mulai berdatangan ke Indonesia. Wakil Ketua MPR, Arsul Sani menyebut ada lebih dari 20 tamu kenegaraan yang akan menghadiri upacara pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. Siapa saja yang kira-kira akan datang dalam pelantikan Jokowi di periode kedua ini? 

1. Daftar kepala negara atau pemerintahan yang hadir di upacara pelantikan

Lebih dari 20 Tamu Negara Asing Hadiri Pelantikan Jokowi, Siapa Saja?ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Beberapa kepala negara di kawasan Asia Tenggara akan turut menjadi saksi pelantikan Presiden dan Wapres baru RI. Mereka yang hadir di antaranya adalah Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Long, perwakilan dari Filipina dan Myanmar.

Sedangkan, hadir pula kepala negara atau pemerintahan dari luar kawasan ASEAN. Mereka antara lain Perdana Menteri Australia, Scott Morisson dan Wakil Presiden Tiongkok, Wang Qishan. 

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono mengonfirmasi beberapa negara juga telah mengutus beberapa perwakilan khusus dari negaranya untuk bertolak ke Jakarta. Vietnam dan Uni Emirat Arab mengutus wakil kepala negara untuk datang ke Indonesia pada hari ini. Sementara itu, Amerika Serikat dan Laos juga mengirim utusan khususnya untuk mengadiri acara pelantikan Jokowi dan Amin Ma'ruf.

Baca Juga: Presiden Tetap Sama, Ini Bedanya Upacara Pelantikan Jokowi 2014 & 2019

2. Pemerintah telah siapkan 18 sedan Mercedes Benz untuk digunakan oleh tamu negara

Lebih dari 20 Tamu Negara Asing Hadiri Pelantikan Jokowi, Siapa Saja?IDN Times/Mercedes-Benz

Untuk memudahkan transportasi mereka selama berada di Indonesia, maka pemerintah telah menyiapkan beberapa protokoler. Sejumlah personel keamanan diterjunkan untuk menjaga tamu negara selama berada di Indonesia. 

Selain itu, Istana telah menyiapkan 18 sedan Mercedes Benz. Ada dua model mobil mewah itu yang digunakan, Mercedes-Benz S 450 L akan menjadi kendaraan tamu kepala negara atau perdana menteri, sedangkan Mercedes-Benz E 300 untuk perwakilan kepala negara.

Lalu berapa biaya yang dikeluarkan untuk menyewa mobil mewah itu? Istana mengaku telah menyiapkan dana sebesar Rp1 miliar untuk menyewa kendaraan bagi para tamu VVIP itu.

3. Acara pelantikan akan dimulai di MPR pukul 14.00 WIB

Lebih dari 20 Tamu Negara Asing Hadiri Pelantikan Jokowi, Siapa Saja?Gladi bersih pelantikan presiden dan wakil presiden (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Untuk tempat tamu negara menginap, Heru sudah menyarankan agar mereka menginap di hotel dekat Gedung DPR/MPR. Hotel yang telah disediakan yakni Hotel Fairmont, Senayan. Hotel tersebut dipilih mengingat jadwal acara yang padat dan waktunya yang tidak banyak. 

Namun, ada beberapa permintaan khusus dari beberapa negara yang menginginkan untuk tinggal di Hotel Mandarin Oriental, Grand Hyatt, maupun Hotel Kempiski Indonesia. 

Salah satu tamu negara yang sudah tiba dan menginap di Grand Hyatt adalah Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. 

Baca Juga: Jokowi Baca Sumpah Pukul 14.56 WIB, Ini Rundown Pelantikan Presiden

Topik:

Berita Terkini Lainnya