Kronologi Perahu Terbalik di Sungai Bengawan Solo

Perahu terbalik saat melawan derasnya arus sungai

Tuban, IDN Times -  Insiden perahu terbalik di Sungai Bengawan Solo, di Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, pada Rabu (3/11/2021), terjadi saat posisi perahu sudah berada di tengah sungai. Perahu terbalik karena tak kuat menghadapi deranya arus sungai bengawan.

1. Perahu tenggelam saat berada di tengah sungai

Kronologi Perahu Terbalik di Sungai Bengawan SoloPetugas masih melakukan pencarian korban perahu tradisional yang tenggelam. IDN Times/Imron

Novi Andik Susanto (29) salah satu korban selamat menceritakan detik-detik perahu itu tenggelam. Andik mengaku saat perahu tersebut hendak berangkat dari Desa Ngadirejo menuju ke Kecamatan Kanor Bojonegoro melaju seperti biasanya.

"Saat itu posisi saya berada di tengah perahu di antara para penumpang lainnya dan tenggelamnya pas di tengah sungai," ujar Andik kepada IDN Times.

Baca Juga: Cerita Korban Perahu Terbalik yang Selamatkan Balita 

2. Perahu tersebut terbalik karena tidak kuat melawan derasnya arus sungai

Kronologi Perahu Terbalik di Sungai Bengawan SoloPara penumpang perahu yang selamat saat menjalani perawatan di puskesmas. IDN Times/Imron

Namun saat sampai di tengah sungai, perahu tak kuat melawan derasnya arus sungai. Perahu kemudian terbalik dan menenggelamkan para penumpang yang saat itu berada di atasnya. Saat tenggelam Andik hanya mengikuti arus sungai dan meraih Abdullah Dimiati (3) balita yang juga ikut dalam insiden tenggelamnya perahu.

"Saya raih anak kecil itu dari ibunya, kemudian saya bawa menepi ke pinggir sungai dan akhirnya saya dan anak itu selamat," jelas Andik.

 

Baca Juga: Korban Selamat dalam Insiden Perahu Terbalik Bertambah 10 Orang

3. Diperkirakan ada 20 penumpang yang berada di perahu yang terbalik

Kronologi Perahu Terbalik di Sungai Bengawan SoloNovi Andik Susanto salah satu penumpang perahu yang selamat. IDN Times/Imron

Andik sendiri memperkirakan ada sekitar 20 penumpang yang berada di perahu tersebut, serta terdapat lebih dari 10 unit motor. Andik sendiri tidak tahu siapa-siapa saja yang menjadi penumpang perahu itu. Namun ia beranggapan jika para penumpang perahu itu berasal dari Tuban dan Bojonegoro.

"Ada sekitar 20 orang yang ada di perahu itu dan saya setiap harinya mengunakan jasa penyeberangan ini untuk berangkat dan pulang kerja di Bojonegoro," pungkasnya.

4. Terdapat 10 penumpang yang selamat dari insiden perahu tenggelam

Kronologi Perahu Terbalik di Sungai Bengawan SoloPetugas mendata korban yang dinyatakan selamat dan belum ditemukan. IDN Times/Imron

Sementara data yang berhasil dihimpun IDN Times di lokasi kejadian terdapat 10 penumpang perahu yang dinyatakan selamat mereka adalah Mujianto asal Sale, Rembang. Arif Dwi Setyawan asal Rengel. Budi asal Ngadirejo, Rengel. Nofi Andi Susanto asal Sidorejo, Tuban. Tasmiatun Nikmah, Abdul Hadi, Abdullah Yantim, asal Maibit, Rengel. Tarmuji, Rengel, Hafis dan Madiyani, asal Kanor, Bojonegoro.

Sedangkan jumlah korban yang belum ditemukan yakni Toro, asal Sale, Rembang. Basori, asal Maibit, Rengel. Kasian, Erma Fitianti, Dian Purnama, asal Kanor, Bojonegoro. Sutri, Hajir, asal Maibit, Rengel.

Baca Juga: Perahu Terbalik di Sungai Bengawan Solo, 8 Penumpang Tenggelam

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya