Comscore Tracker

Klaster Hajatan di Lamongan, Korban Meninggal Bertambah Jadi 6 Orang

Yuhronur klaim laju penularan COVID-19 bisa dikendalikan

Lamongan, IDN Times - Kasus kematian COVID-19 klaster hajatan di Desa Sidodowo, Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan terus bertambah. Hingga sore ini, tercacat sudah ada 6 warga meninggal dunia. Sementara jumlah orang yang terpapar virus corona menjadi 36 orang.

"Sampai sore ini sudah ada 6 orang meninggal dan 36 orang dinyatakan terkonfirmasi COVID-19," kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, usai mendampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar di Taman Mahoni, Kendal Lamongan, Sabtu (5/6/2021).

1. Pemkab Lamongan belum keluarkan edaran larangan warga gelar hajatan

Klaster Hajatan di Lamongan, Korban Meninggal Bertambah Jadi 6 OrangIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Meski muncul klaster baru akibat hajatan, Yuhronur belum akan melarangnya. Ia hanya kembali mengingatkan warganya agar tetap menjaga protokol kesehatan COVID-19. Baik saat berinteraksi satu sama lain dan menghadiri acara hajatan pernikahan.

"Untuk larangan hajatan masih belum ada aturannya, tapi kami menghimbau masyarakat ayo jaga protokol kesehatan," imbuhnya.

2. Situasi Desa Sidodowo tidak lagi mencekam

Klaster Hajatan di Lamongan, Korban Meninggal Bertambah Jadi 6 OrangUntuk mengindari lonjakan kasus COVID-19, pintu masuk ke Des Sidodowo ditutup sementara. IDN Times/Istimewa

Yuhronur menambahkan, saat ini situasi di Desa Sidodowo, Modo yang sebelumnya dikabarkan mencekam selama beberapa hari terakhir ini, kini sudah berangsur-angsur normal. Tim satgas COVID-19 Lamongan juga sudah berupaya mengendalikan laju penularan COVID-19 di Lamongan.

"Alhamdulillah sudah berangsur membaik, insyaallah laju penularan COVID-19 sudah bisa kita kendalikan," kata Yuhronur. "Insyaallah sore ini, Pak Dandim Lamongan juga akan berkunjung ke Desa Sidodowo dan kita berharap agar laju penularan COVID-19 ini bisa kita kendalikan," pungkasnya.

Baca Juga: Temuan Beras BPNT Berkutu Meluas di Lamongan

3. Kasus COVID-19 kembali melonjak usai puluhan warga menghadiri acara pernikahan

Klaster Hajatan di Lamongan, Korban Meninggal Bertambah Jadi 6 OrangIlustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sebelum diberitakan, kasus COVID-19 di Lamongan kembali melonjak usai puluhan warga Desa Sidodowo mendatangi acara hajatan di Kabupaten Sidoarjo dan Bojonegoro. Warga yang baru saja menghadiri acara pernikahan tersebut kemudian jatuh sakit. 

Kasus COVID-19 di Lamongan sendiri per Jumat (4/6/2021) bertambah 15 orang menjadi 2860. Dari jumalh itu, 31 orang dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga: 16 Warga Lamongan Positif COVID-19 Usai Menghadiri Acara di Sidoarjo

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya