Kemarau, Tanaman Cabai Berumur 3 Bulan Mati

Harga cabai di Lamongan juga tembus Rp125 ribu per kilogram

Lamongan, IDN Times- Musim kemarau yang sudah memasuki bulan ketiga, membuat sejumlah petani cabai di Desa Gampang Sejati, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan, dihantui kecemasan. 

Pasalnya, tanaman cabai rawit yang sudah berusia 3 bulan lebih banyak yang layu dan mati. Akibatnya, sejumlah petani mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. "Banyak yang mati mas karena musim kemarau yang sudah terjadi selama tiga bulan terakhir ini," kata salah satu petani Atun (55), Jumat (16/8), kepada IDN Times di lokasi.

1. Para petani hanya bisa pasrah

Kemarau, Tanaman Cabai Berumur 3 Bulan MatiIDN Times/ Imron

Padahal, tanaman cabai rawit itu sudah dirawat semaksimal. Kini, sejumlah petani setempat hanya bisa pasrah dengan kondisi cuaca panas yang terjadi. "Ya sudah kita sirami, berulang-ulang. Bahkan setelah kita siram, kita berikan kotoran sapi supaya bisa bertahan hidup," kata Atun.

2. Air di telaga buatan juga sudah mulai menipis

Kemarau, Tanaman Cabai Berumur 3 Bulan MatiIDN Times/ Imron

Atun menjelaskan, ketersediaan air untuk penyiraman juga menipis. Petani setempat pada musim penghujan membuat sebuah danau buatan yang bisa menampung air hujan. "Ada mas air kita ambil dari telaga, tapi kalau melihat cuaca seperti ini terus air tersebut juga lama-lama akan habis untuk keperluan penyiraman," ujarnya.

3. Petani lebih memilih sawah mereka gersang

Kemarau, Tanaman Cabai Berumur 3 Bulan MatiIDN Times/ Imron

Kemarau panjang yang terjadi saat ini juga membuat sebagian petani di desa setempat juga membiarkan sawah mereka tidak ditanami apa-apa. Petani lebih memilih membiarkan sawah mereka gersang daripada ditanami padi namun merugi. "Kalau sawah milik petani lainnya tidak ada yang ditanami, mas karena kesulitan air. Ini saja untung-untungan masih ada sedikit air di telaga buatan saya," ucapnya.

Baca Juga: Warga Lamongan Temukan Mayat Tanpa Identitas di Dalam Sekolah

4. Harga cabai di Lamongan masih melambung tinggi

Kemarau, Tanaman Cabai Berumur 3 Bulan MatiIDN Times/ Imron

Kemarau yang terjadi saat ini juga berdampak pada melambungnya harga jual cabai. Di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lamongan, cabai rawit per kilogramnya mencapai Rp90-125 ribu. Sedangkan, harga cabai normal sebelum kemarau berkisar Rp25-30 ribu per kilogram.

Baca Juga: Berkah Kemarau, Produksi Bata Merah Lamongan Meningkat 100 persen

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya