Keluar Jalur, Bus PO Restu Hantam Pengendara Motor hingga Tewas

Beruntung tidak menimbulkan kemacetan

Tuban, IDN Times - Sebuah bus berpenumpang lima orang terguling di jalur Pantura, Tuban-Bancar Km 15-16 Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Selasa (26/2). Akibatnya satu orang tewas dalam kecelakaaan itu. 

Korban yang tewas dalam kecelakaaan, adalah pengendara sepeda motor, bernama Juwair (46) warga Kecamatan Merakurak, Tuban. Ia tewas di lokasi setelah dihantam bus yang keluar dari jalur. "Kecelakaan ini mengakibatkan satu orang meninggal dunia atas nama Juwair," kata Kanit Laka Polres Tuban, Iptu Nungki Sambodo.

1. Bus keluar jalur dan menghantam sepeda motor

Keluar Jalur, Bus PO Restu Hantam Pengendara Motor hingga TewasIDN Times/ Imron

Nungki menjelaskan, kecelakaan terjadi pada pukul 06. 30 WIB itu berawal saat Bus PO Restu dengan nomor polisi N-7586-UG yang dikemudikan Sugeng Sutrisno (51) berjalan dari arah timur ke barat. Saat mendahului kendaraan lain di depannya, bus masuk ke jalur kanan. "Bus ini mencoba mendahului kendaraan didepannya, dan masuk ke jalur kanan," kata Nungki.

2. Sopir tidak bisa mengendalikan lajunya kendaraan

Keluar Jalur, Bus PO Restu Hantam Pengendara Motor hingga TewasIDN Times/ Imron

Karena mencoba mendahului kendaraan di depannya dan melaju cukup kencang, sopir bus kemudian tidak bisa mengendalikan kendaraannya. Bus itu pun akhirnya menghantam kendaraan bermotor yang berada di jalur kanan hingga tewas di lokasi kejadian. Akibatnya, bus tersebut terguling di pinggir jalan. "Karena melaju sangat kencang dan menghantam sepeda motor di jalur kanan, sopir kemudian membanting setir sehingga mengakibatkan bus tersebut terguling," kata Nungki.

Baca Juga: Fenomena Supermoon, Ini Imbauan BMKG Terhadap Nelayan di Tuban 

3. Sopir kabur dan mengamankan diri ke Polsek setempat

Keluar Jalur, Bus PO Restu Hantam Pengendara Motor hingga TewasIDN Times/ Imron

Usai terlibat kecelakaaan, sopir kemudian melarikan diri menuju lokasi Polsek terdekat untuk menyelematkan diri dari amukan masa. Polisi yang memperoleh laporan langsung mendatangi tempat kejadian perkara dan mengamankan barang bukti serta mengevakuasi korban yang saat itu masih terjebak di dalam bus yang terguling.

"Kita langsung mendatangi lokasi kejadian dan memeriksa sejumlah saksi serta mengevakuasi para penumpang dan membawa korban ke puskesmas terdekat," jelasnya.

4. Polisi masih mendalami penyebab kecelakaan tersebut

Keluar Jalur, Bus PO Restu Hantam Pengendara Motor hingga TewasIDN Times/ Imron

Sementara, untuk penyebab kecelakaan sendiri, hingga kini masih didalami oleh Satlantas Polres Tuban. Akibat kecelakaan ini polisi, memperkirakan jumlah kerugian mencapai Rp10 juta. "Alhamdulillah petugas telah mengamankan barang bukti dan mengevakuasi korban serta menderek bus yang terguling sehingga tidak mengakibatkan kemacetan di jalur Pantura," jelasnya.

Baca Juga: Satu Petani Tuban Tewas Tersambar Petir Saat Cari Sisa Padi di Sawah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya