Fenomena Supermoon, Ini Imbauan BMKG Terhadap Nelayan di Tuban 

Masyarakat pesisir diminta waspadai gelombang tinggi

Tuban, IDN Times- Fenomena alam Supermoon atau bulan purnama perige kembali terjadi di Indonesia, Selasa (19/2) malam. Fenomena ini terjadi, karena jarak bulan dengan bumi agak lebih dekat yang mengakibatkan bulan akan tampak lebih besar 7 persen dari ukuran biasa.

Fenomena ini akan membuat sinar bulan menjadi lebih terang 16 persen dari biasanya. Staf Prakirawan Cuaca BMKG Tuban, Atintri Pamungkas mengatakan,  supermoon ini tidak berdampak pada aktivitas nelayan. Namun, BMKG meminta agar masyarakat tetap waspada.

1. Gelombang air laut mencapai 0,25 - 1,3 meter

Fenomena Supermoon, Ini Imbauan BMKG Terhadap Nelayan di Tuban IDN Times/ Istimewa

Untuk ketinggian air laut sendiri yang terjadi di perairan Utara laut Jawa Tuban, hingga hari ini berkisar antara 0,25 - 1,3 meter. Ketinggian gelombang air laut ini masih terbilang aman dan normal. Meski demikian sejumlah nelayan di Tuban diminta untuk tetap memperhatikan informasi yang dikeluarkan oleh BMKG setempat. "Masyarakat tetap selalu waspada terhadap fenomena supermoon ini khususnya kegiatan di laut dan pesisir pantai," katanya.

2. Cuaca buruk masih saja bisa terjadi

Fenomena Supermoon, Ini Imbauan BMKG Terhadap Nelayan di Tuban IDN Times/ Istimewa

Meski tidak mengakibatkan dampak yang signifikan di laut Jawa bagian utara Tuban, mamun cuaca buruk diprediksi masih dapat terjadi sewaktu-waktu. Fenomena supermoon ini juga tidak mengakibatkan perubahan angin kencang sejak terjadinya fenomena supermoon hingga ke esokan harinya.

"Untuk gelombang laut sampai esok hari masih relatif kondusif namun kami juga menegaskan masyarakat khususnya mereka yang tinggal di wilayah pesisir tetap berhati-hati," katanya.

3. Beberapa wilayah di Indonesia juga terdampak gelombang air laut

Fenomena Supermoon, Ini Imbauan BMKG Terhadap Nelayan di Tuban Dok IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Atintri mengatakan, fenomena supermoon akan mengakibatkan terjadinya air laut pasang maksimum di beberapa perairan Indonesia, seperti wilayah Pelabuhan Surabaya ketingiian gelombang mencapai 130-140 cm, terjadi pada pukul 22.00- 24.00, pesisir Surabaya Timur 130- 140 pukul 21.00-23.00, pesisir Surabaya barat, 130-140 pukul 22-23 dan ketinggian air laut 130-140 di pesisir Sidoarjo terjadi pada pukul 21-24. "Wilayah ini perlu diwaspadai karena gelombang cukup tinggi," katanya.

4. Mengakibatkan banjir Rob cukup besar

Fenomena Supermoon, Ini Imbauan BMKG Terhadap Nelayan di Tuban Dok IDN Times/Istimewa

Fenomena supermoon sendiri , lanjut dia, terjadi saat fase purnama bulan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi. Hal ini  mempengaruhi kondisi pasang air laut maksimum disertai dengan puncak musim hujan yang masih terjadi di bulan Februari. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah potensi banjir rob cukup besar. "Ya tentunya masyarakat Tuban khususnya saya minta agar tetap memperhatikan informasi dari kami BMKG, baik melalui Facebook atau media sosial lainnya," pungkasnya.

 

Baca Juga: Malam Ini, Supermoon Terbesar di 2019 Akan Terlihat di Langit

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya