Hampir Semua Anggotanya Kembali Nyaleg, Ketua DPRD Tuban: Tak Masalah

Asal jangan sampi ninggalin rapat

Tuban, IDN Times- Ketua DPRD Kabupaten Tuban Miyadi mengatakan, 39 anggota DPRD yang saat ini masih aktif sebagai wakil rakyat, kembali bakal meramaikan pesta demokrasi 2019. Menurutnya, pencalonan 39 anggota dewan ini dianggap tidak akan mempengaruhi kinerja di parlemen.

Sejumlah tugas yang sudah disusun sebelumnya juga sudah dijalankan dengan baik. Seperti kegiatan perjalanan dinas maupun reses ke daerah pemilihan mereka masing-masing. "Saya pastikan tidak mempengaruhi kinerja kami di DPRD, semua anggota DPRD yang masih aktif juga bekerja dengan baik," katanya kepada IDN Times, Senin (7/1).  Jumlah anggota DPRD Tuban sendiri saat ini sebanyak 50 orang.  Namun, satu orang anggota meninggal dunia.

1. Ada 3 anggota DPRD yang memperebutkan kursi legislatif tingkat provinsi

Hampir Semua Anggotanya Kembali Nyaleg, Ketua DPRD Tuban: Tak MasalahIDN Times/Imron

Miyadi mengatakan, dari 39 anggota tersebut, tiga di antaranya bahkan menjajal  peruntungannya menjadi anggota DPRD Provinsi Jatim.  "Ada tiga dari anggota DPRD di Tuban yang juga ikut berebut ke provinsi. Untuk di DPR RI dari sini tidak ada. Ia mengklaim, kampanye atau sosialisasi ke pemilih dilakukan para anggota saat jam kerja. "Bisa malam hari ataupun waktu libur," ujarnya.

2. Seluruh komisi kunjungan kerja di kecamatan

Hampir Semua Anggotanya Kembali Nyaleg, Ketua DPRD Tuban: Tak MasalahIDN Times/Imron

Menurut Miyadi, saat ini tengah melakukan kunjungan kerja di beberapa kecamatan. Tujuannya adalah yakni menampung aspirasi masyarakat dan meninjau beberapa program yang sudah digagas sebelumnya. Untuk Komisi A berkunjung di Kecamatan Singahan, Komisi C di Parengan, Komisi D Parengan dan Singahan. Sementara untuk Komisi B sendiri Miyadi mengaku lupa. "Karena tidak ada jadwal di kantor makanya sejak pukul 9 pagi tadi mereka sudah berangkat ke lokasi," jelasnya.

Baca Juga: Gelombang Tinggi Tak Surutkan Warga Tuban Berwisata di Pantai

3. Dalam sebulan ada belasan kali jadwal kunjungan kerja DPRD

Hampir Semua Anggotanya Kembali Nyaleg, Ketua DPRD Tuban: Tak MasalahIDN Times/Imron

Sementara untuk jadwal kunjungan dalam daerah yang dilakukan oleh anggota DPRD, dalam satu bulan terdapat lima kali, rapat kerja empat kali, kunjungan dalam provinsi 2 kali, luar provinsi dua kali, sedangkan untuk reses masing-masing anggota DPRD hanya diwajibkan menjalankan tiga kali. "Semuanya sudah terangkum rapi dalam susunan kerja DPRD dan kita laksanakan," ungkapnya.

4. Banyak warga yang masih belum faham tentang tata cara memilih

Hampir Semua Anggotanya Kembali Nyaleg, Ketua DPRD Tuban: Tak MasalahIDN Times/Imron

Miyadi menjelaskan, pemilu tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dalam ajang pesta demokrasi ini, masyarakat diminta untuk memilih secara bersamaan, baik anggota DPRD kabupaten, provinsi, DPR RI dan juga presiden.

"Kami masih mendapati beberapa masyarakat yang masih belum faham tentang pemilu ini, terutama mereka yang sudah berusia lanjut. Nah ini tugas yang perlu terus disosialisasikan oleh KPU," katanya.

Baca Juga: Aktivis Lingkungan Tuban Sebut Pemerintah Abai pada Kerusakan Alam

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya