Emak-emak Melawan, Jambret di Lamongan Jadi Amukan Warga

Apes, makanya jangan macem-macem sama emak-emak

Lamongan, IDN Times - Sikap kesatria ditunjukkan seorang wanita asal Desa Banjarwati, RT 03,RW 03, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Perempuan bernama lengkap Tri Nur Cahyani (35) tahun ini berjuang sekuat tenaga mempertahankan uang dan ponsel miliknya dari tangan seorang pencuri berinisial NA (36).

Peristiwa ini terjadi, Minggu (2/12/2018), saat Nur Cahyani hendak berbelanja ke pasar Desa Kranji, ia lupa membawa dompet berwarna krem yang tertinggal di dashboard motornya. Korban kemudian kembali menuju ke parkiran motor dan mendapati pelaku sudah membawa dompet miliknya.

1. Korban kejar pelaku sembari berteriak meminta tolong

Emak-emak Melawan, Jambret di Lamongan Jadi Amukan WargaDok.IDN Times/Istimewa

Saat keluar, korban merasa terkejut karena ada seorang pria, yang tengah duduk di atas motor Vario dengan nomor polisi (Nopol) S- 6371-LJ, yang berusaha mengambil dompet korban. "Korban kemudian kembali dan mengambil uang beserta dompet yang ditaruh di dashboard motor Honda Vario warna putih dalam keadaan terkunci stir," kata Kasubag Humas Polres Lamongan AKP Harmuji, Senin (3/12).

Pelaku yang mengetahui pemilik dompetnya datang, kemudian berusaha kabur. Namun aksi meloloskan diri pelaku pencurian ini sia-sia. Sebab korban dengan kesatrianya mengejar pelaku dan meneriakinya maling.

2. Pelaku di tangkap beramai-ramai oleh warga

Emak-emak Melawan, Jambret di Lamongan Jadi Amukan WargaIDN Times/Sukma Shakti

Warga yang mengetahui kejadian itu langsung berhamburan keluar toko dan berusaha mengejar pelaku, yang semakin beringas mencoba meloloskan diri dari sergapan warga. Pelaku akhirnya dapat ditangkap oleh warga dan diserahkan ke pihak kepolisian setempat. 

"Melihat seorang wanita yang meminta tolong karena dompet dibawa kabur oleh pencuri, warga beramai-ramai menangkap pelaku pencuri," kata perwira polisi berpangkat tiga balok dipundaknya ini.

Baca Juga: Beraksi Pagi Hari, Jambret di Stasiun Malang Dibekuk Warga

3. Polisi datang tepat waktu di TKP

Emak-emak Melawan, Jambret di Lamongan Jadi Amukan WargaIDN Times/Sukma Shakti

Beruntung pada saat kejadian, personil polisi Polsek Paciran yang mendapat pengaduan dari masyarakat datang ke lokasi kejadian dengan cepat. Mereka mengamankan pelaku dari amukan para warga yang geram atas aksi pencurian yang dilakukan pelaku tunggal tersebut. 

4. Dompet berisikan uang sebesar Rp995 ribu dan Ponsel

Emak-emak Melawan, Jambret di Lamongan Jadi Amukan WargaDok.IDN Times/Istimewa

Atas keberanian yang ia lakukan, uang tunai senilai Rp995 ribu dan sebuah ponsel merek Samsung J7 berhasil diselamatkan dari tangan pelaku. "Teliti dulu kalau mau meninggalkan motor, cek barang bawaannya, jangan sampai masih ada barang berharga yang tertinggal," imbuhnya. 

5. Pelaku terancam Pasal 362 KUHP

Emak-emak Melawan, Jambret di Lamongan Jadi Amukan Wargapixabay.com/succo

Saat ini pelaku yang sudah diamankan di mapolsek setempat. Polisi mengganjar pelaku dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. " Pelaku sudah kita amankan beserta barang bukti, hasil pencurian," pungkas Harmuji.

Baca Juga: Tergerus Air Sungai, Belasan Rumah di Lamongan Terancam Longsor

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya