Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Tuban Rusak Parah

Tidak ada korban, namun warga mengalamai kerugian jutaan

Tuban, IDN Times- Puluhan rumah di Desa Penidon, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, rusak parah diterjang angin puting beliung, Selasa (12/3). Angin puting beliung yang terjadi sekitar pukul 10.30 WIB tersebut juga menyapu Desa Compreng, Kecamatan Widang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, kerugian akibat bencana alam itu ditaksir mencapai jutaan rupiah. Menurut Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Tuban, Edi Prawoto, mengatakan sebelum peristiwa itu terjadi, wilayah itu baru saja terjadi hujan.

"Memang benar telah terjadi angin puting beliung tadi siang di dua kecamatan," katanya, saat dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon, Selasa (12/3)

Baca Juga: BNN Tes Urine Terhadap ASN Tuban, Hasilnya Negatif

1. Banyak bangunan rumah yang rusak disapu puting beliung

Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Tuban Rusak ParahIDN Times/ Istimewa

Saat terjadi hujan, kata Edi, selang beberapa menit kemudian tiba-tiba angin kencang bertiup dari arah barat. Angin kencang yang disertai terjadi hujan lalu menyapu beberapa bagian atap rumah hingga mengakibatkan genting rumah warga berjatuhan dan mengakibatkan asbes beterbangan.

"Menurut penuturan warga, awalnya hanya hujan ringan, tetapi ketika angin kencang datang, hujan bertambah lebat dan menyapu bagian atap rumah dan asbes," katanya.

2. Warga juga mengalami luka dibagian tangan

Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Tuban Rusak ParahIDN Times/ Istimewa

Menurut Edi, salah seorang warga setempat juga mengalami luka di bagian tangan akibat kejatuhan genting dari atas atap yang rusak akibat angin. Warga yang menderita luka di bagian tangannya tersebut, saat ini juga sudah membaik, karena lukanya juga tidak terlalu parah.

"Tuminah (65), warga Desa Compreng, yang rumahnya juga terkena angin, mengalami luka di bagian tangan kanannya, karena panik saat kejadian angin kencang berlangsung," katanya.

3. Angin puting beliung juga menghancurkan bangunan sekolah

Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Tuban Rusak ParahIDN Times/ Istimewa

Selain merusak rumah warga, menurut Edi bencana angin puting beliung juga mengakibatkan tiga fasilitas umum mengalami rusak parah di bagian atap. Tiga sekolah yang rusak itu adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Penidon 1, SDN Penidon 3, dan taman Kanak-Kanak  (TK) Mardi Putro Penidon.

"Petugas langsung melakukan pengecekan di lokasi kejadian dan mengevakuasi korban. Sementara untuk bangunan sekolah yang terkena angin puting beliung, puing-puing bangunannya mulai dibersihkan dan mengamankan benda-benda yang masih bisa dipakai," jelasnya.

4. 21 rumah warga rusak diterjang angin puting beliung

Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Tuban Rusak ParahIDN Times/ Istimewa

Untuk sementara ini, data yang didapat dari BPBD Kabupaten Tuban, ada sekitar 21 rumah warga yang rusak. Enam rumah rusak di Desa Penidon dengan kerusakan ringan, 6 unit rumah rusak sedang, dan 6 unit rumah rusak parah.

Sedangkan di Desa Compreng, ada 14 unit rumah warga yang mengalami rusak sedang dan 3 rumah rusak parah. "Sudah kami data keseluruhan, untuk kerugian, kita taksir mencapai jutaan rupiah," tandas Edi.

Baca Juga: Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Tuban Terendam Banjir

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya