Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Tuban Terendam Banjir

Banjir genangi rumah dan sebabkan kendaraan mogok

Tuban, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tuban membuat sejumlah kecamatan terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata satu setengah meter, Rabu (6/3). Menurut pantauan IDN Times, banjir itu terjadi di Kecamatan Merakurak, Parengan, Tuban, dan Kerek.

Setiap musim hujan banjir memang kerap terjadi di beberapa kecamatan. Tak hanya menggenangi rumah warga, banjir juga mengganggu aktivitas warga.

Menurut salah satu warga Mondokan, Wati, banjir terjadi karena buruknya drainase air di wilayah rumahnya. "Saluran air tidak bisa menampung debit air, sehingga saat hujan terjadi banjir yang menggenangi rumah warga," katanya.

Baca Juga: Diguyur Hujan, Jalan Penghubung Kecamatan di Tuban Longsor

1. Banjir mengakibatkan aktivitas warga terganggu

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Tuban Terendam BanjirIDN Times/Imron

Adanya banjir membuat aktivitas pekerjaan Wati terganggu. Saat ingin membeli beberapa kebutuhan rumah tangga, Wati harus berjalan melintasi jalan yang tergenang banjir untuk menuju warung. 

"Banjirnya sudah sejak tadi malam kok, beberapa rumah warga yang rumahnya di bawah permukaan jalan ya banjir seperti ini," kata Wati.

2. Sejumlah toko memilih tutup

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Tuban Terendam BanjirIDN Times/Imron

Sejumlah toko di Jalan Letda Sucipto, Tuban memilih tutup karena banjir. Mereka, kata Wati, khawatir air yang menggenangi jalan depan toko malah masuk ke dalam toko.

"Ya tutup, karena kalau dipaksa buka nanti airnya bisa masuk ke dalam. Ini saja setiap ada mobil yang melintas, air sudah masuk ke dalam, lagipula siapa yang mau beli kalau kondisi banjir seperti ini," jelas Wati.

3. Tukang bakso sepi pelanggan

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Tuban Terendam BanjirIDN Times/Imron

Selain mengakibatkan toko tutup, banjir juga membuat sepi sejumlah warung makanan. Menurut seorang pedagang bakso, Sutikno, dia memilih untk tidak berjualan, karena sepi pelanggan saat banjir terjadi.

Apalagi, warung baksonya juga tergenang air. "Ditambah kalau mobil pas melintas ya airnya masuk (ke dalam warung). Kami lebih memilih untuk tidak berjualan sementara," katanya.

4. Banyak kendaraan yang mogok karena nekat menerjang banjir

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Tuban Terendam BanjirIDN Times/Imron

Puluhan sepeda motor yang nekat menerjang banjir mogok di pinggir jalan. Para pengendara motor yang mogok itu rata-rata nekat menerjang banjir karena tak mau memutar dengan menempuh jalur lain. 

"Mati mesinnya, mungkin businya kena air, karena air yang saya lewati cukup dalam hingga merendam mampir separuh motor saya," kata salah satu pengendara motor bernama Huda.

Baca Juga: BNN Tes Urine Terhadap ASN Tuban, Hasilnya Negatif

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya