BNN Tes Urine Terhadap ASN Tuban, Hasilnya Negatif

Perang terhadap narkoba adalah tanggung jawab kita bersama

Tuban, IDN Times - BNNK Tuban mengelar tes urin terhadap pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tuban, Rabu (27/2). Razia itu bertujuan untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut. Hasilnya BNNK Tuban tidak menemukan pegawai yang terindikasi terlibat narkoba. "Razia tadi pagi kami petugas BNNK Tuban tidak menemukan adanya penyalahgunaan narkoba di kalangan pejabat," kata Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana, saat dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon selulernya.

1. Masyarakat diminta peduli terhadap bahaya narkoba

BNN Tes Urine Terhadap ASN Tuban, Hasilnya NegatifDok IDN Times/Istimewa

Made menjelaskan, tes urine yang dilakukan merupakan upaya BNNK dalam rangka pemberdayaan masyarakat anti narkoba yang dilakukan melalui tes urine dan sosialisasi P4GN bagi Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Tuban. Hal ini juga sebagai bentuk diseminasi informasi terkait narkoba dan perkembangannya. Sedangkan tes urine sediri dilakukan bukan untuk ranah hukum, tapi hanya screening awal. "Kita juga minta masyarakat peduli terhadap bahaya narkoba," katanya.

2. Pejabat diminta untuk menjadi contoh yang baik

BNN Tes Urine Terhadap ASN Tuban, Hasilnya NegatifIDN Times/ Istimewa

Lebih lanjut ia mengatakan, diharapkan kegiatan tersebut, para pejabat dapat memberi contoh terhadap bawahan, agar terus memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat dan terhindar dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang baik berupa ekstasi, sabu-sabu dan pil koplo. "Program pemberdayaan masyarakat anti narkoba ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kepedulian terhadap peredaran narkoba," jelasnya.

3. Pengguna narkoba jangan dijauhi tapi perlu dibina

BNN Tes Urine Terhadap ASN Tuban, Hasilnya NegatifDok IDN Times/Istimewa

Sedangkan bagi para penguna narkoba, Made berpesan kepada masyarakat agar tidak menjauhinya. Tugas masyarakat adalah membimbing mereka agar terlepas dari penyalahgunaan narkoba. “Pengguna tidak boleh dijauhi, tapi harus terus didampingi dan dibina,” imbuhnya.

4. BNNK Tuban kembangkan klinik narkoba

BNN Tes Urine Terhadap ASN Tuban, Hasilnya NegatifPixabay/A_Different_Perspective

Mantan penyidik BNNP Jatim ini menambahkan bahwa saat ini pihaknya telah memiliki klinik dan telah bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait. BNNK Tuban juga tengah mengembangkan klinik swasta untuk rehabilitasi pengguna dan pecandu narkoba di Bumi Wali (sebutan lain dari Kabupaten Tuban). “BNNK Tuban terus meningkatkan dan memaksimalkan SDM dan infrastruktur penunjang lainnya. Kami minta dukungan semua pihak termasuk wartawan," pungkas Made.

Baca Juga: Resmikan Berdirinya Plaza Ikan, Bupati Tuban: Ini Pertama di Indonesia

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya