Diduga Lapar, Kera Liar Masuk ke Pemukiman Warga di Tuban 

Mau ikut tahun baruan mungkin

Tuban, IDN Times - Kawanan kera berekor panjang masuk ke dalam pemukiman warga di Jalan Jambu, Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban, Jumat (28/12). Diduga, kera-kera liar tersebut masuk ke pemukiman padat penduduk karena kelaparan. 

Seorang warga Ropi'i, kepada IDN Times di lokasi menuturkan, kawanan kera berekor panjang itu sudah sering masuk ke pemukiman. Biasanya ada sekitar 10 hingga 14 ekor yang terlihat. "Biasanya kera yang datang berjumlah sekitar 14 ekor, tapi saat ini yang terlihat hanya satu," katanya.

1. Meresahkan masyarakat sekitar

Diduga Lapar, Kera Liar Masuk ke Pemukiman Warga di Tuban IDN Times/ Imron

Warga, kata Rofi'i mengaku resah lantaran kera-kera tersebut kerap meneror warga dengan cara merusak dan memakan tumbuhan yang ditanam. Tidak hanya itu, kera-kera liar itu juga merusak bangunan atap rumah. "Beberapa waktu yang lalu itu atap saya rusak mas, karena kera-kera liar itu loncat dan berlarian kesana kemari," katanya.

Baca Juga: Diterjang Angin Puting Beliung, Ratusan Rumah di Tuban Rusak Parah

2. Hewan peliharaan warga digigit hingga mati

Diduga Lapar, Kera Liar Masuk ke Pemukiman Warga di Tuban IDN Times/ Imron

Tidak hanya itu, Rofi'i juga mengaku hewan ternak kambing milik dua warga Perbon juga menjadi korban kera-kera liar itu. Mereka mengigit satu persatu kambing hingga tewas. Tentunya dengan kejadian ini pemilik ternak kambing merasa dirugikan. "Sudah sering meresahkan masyarakat mas, ada beberapa ekor kambing milik warga disini (Perbon) dan desa sebelah juga mati digigit kera," terang dia.

3. Warga menghalau kawanan kera mengunakan ketapel

Diduga Lapar, Kera Liar Masuk ke Pemukiman Warga di Tuban IDN Times/ Imron

Sebelumnya sejumlah warga juga berupaya menghalau kawanan kera liar, dengan cara melempari batu dan menghalaunya dengan kayu maupun bambu. Namun kera-kera itu tidak juga pergi meninggalkan pemukiman warga dan kembali ke habitat aslinya di hutan. "Sudah dihalau mas pakai ketapel, kalau terlihat ada kera langsung warga menghalau kawanan kera liar itu," katanya.

4. Kera liar diduga terkena penyakit rabies

Diduga Lapar, Kera Liar Masuk ke Pemukiman Warga di Tuban IDN Times/ Imron

Sementara itu terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Tuban Joko Ludiyono menjelaskan, dari hasil keterangan beberapa warga menyebut jika kera yang masuk ke dalam pemukiman warga tersebut diduga terkena penyakit rabies. Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia. "Ini sangat mengkhawatirkan karena informasi yang kami terima banyak hewan ternak yang mati karena digigit kera ini. Jadi petugas yang akan menangkap kera kita minta untuk membawa perlengkapan yang aman," katanya.

5. Berkoordinasi dengan BKSDA

Diduga Lapar, Kera Liar Masuk ke Pemukiman Warga di Tuban IDN Times/ Imron

Joko menuturkan, BPBD Tuban aka berkoordinasi dengan pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk menangani persoalan ini. Agar kawanan kera tidak kbali ke tempat  pemukiman warga BPBD menghalaunya dengan mengunakan alat seadanya saja. Seperti penyemprot pemadam api. "Kita belum berani menindak lebih lanjut, dan ini perlu dirembukkan dengan pihak BKSDA, bagaimana baiknya," kata Joko.

Baca Juga: Gunakan Karakter Wonder Woman, Pos Pam Tuban Jadi Sasaran Swafoto

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya