Damkar Gresik Selamatkan Pria yang Terjebak di Dalam Tandon Air

Korban hampir tak sadarkan diri karena kurang oksigen

Gresik, IDN Times - Petugas Damkar Kabupaten Gresik berhasil menyelamatkan seorang pria yang terjebak di tandon air bawah tanah di rumahnya pada Rabu (2/8/2023) pukul 13.17 WIB. Pria yang diselamatkan itu bernama Suwarno (54) warga Desa Randuagung, Kecamatan Kebomas, Gresik. Suwarno bahkan hampir tak sadarkan diri karena kekurangan oksigen.

Baca Juga: Temui Relawan di Gresik, Ganjar Bagikan 2024 Nasi Krawu

1. Membersihkan tandon air bawah tanah di dalam rumahnya

Damkar Gresik Selamatkan Pria yang Terjebak di Dalam Tandon AirPetugas Damkar Gresik menyelamatkan pria yang terjebak di dalam tandon air. Dok Istimewa

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) Gresik AH Sinaga mengatakan, peristiwa itu terjadi saat Suwarno usai membersihkan tandon bawah tanah dan tidak bisa kembali ke atas lantaran kelelahan dan ukuran tubuhnya.

“Awalnya pria itu sedang membersihkan tandon air bawah tanah di dalam rumahnya. Ia turun memakai tangga kecil," kata AH Sinaga.

2. Anak korban meminta bantuan kepada Damkar

Damkar Gresik Selamatkan Pria yang Terjebak di Dalam Tandon AirIlustrasi petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api (betterteam.com)

AH Sinaga melanjutkan, setelah selesai membersihkan tandon air dalam rumah, Suwarno kemudian naik ke atas dan mencoba untuk keluar. Namun usaha Suwarno ini gagal karena tangga yang di gunakan kecil dan sulit digunakan untuk naik ke atas. Suwarno kemudian berteriak minta tolong.

“Dia pun kebingungan di dalam tandon dan sulit bernafas akhirnya berteriak minta tolong kepada anaknya, tanpa berpikir panjang anaknya segera meminta bantuan kepada Pihak damkar dan penyelamatan Gresik,” terangnya.

3. Korban berhasil diselamatkan

Damkar Gresik Selamatkan Pria yang Terjebak di Dalam Tandon AirIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Damkar yang menerima laporan kemudian langsung menerjunkan beberapa personil untuk melakukan penyelamatan. Setelah tiba di lokasi petugas segera melakukan proses rescue. Dalam proses rescue penyelamatan ini di usahakan dan di upayakan dengan hati-hati sampai selesai dan korban berhasil diselamatkan.

"Para personil dengan sigap memakai jaket pelindung diri serta membawa peralatan tangga panjang bergegas berangkat ke lokasi dan korban bisa diselamatkan," pungkasnya.

Baca Juga: Pabrik Plastik di Gresik Hangus Terbakar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya