Beredar Isu Warga Terpapar Omicron, Ini Kata Dinkes Lamongan

Pemkab aktifkan lagi Satgas kecamatan dan desa

Lamongan, IDN Times - Baru-baru ini masyarakat Kabupaten Lamongan dihebohkan dengan beredarnya kabar mengenai salah seorang warga terpapar virus COVID-19 varian baru Omicron. Kabar yang beredar luas di tengah masyarakat itupun buru-buru ditepis oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Lamongan Taufik Hidayat. 

1. Dinkes sebut kabar warga Lamongan terpapar Omicron itu hoaks

Beredar Isu Warga Terpapar Omicron, Ini Kata Dinkes LamonganKepala Dinkes Lamongan Taufik Hidayat. IDN Times/Imron

Menurut Taufik, isu salah seorang warga yang dikabarkan terpapar Omicron adalah tidak benar alias hoaks. Hingga sampai saat ini, Taufik menyebut, belum ada satupun laporan dari tim gugus tugas adanya masyarakat Lamongan yang terpapar virus COVID-19 varian baru tersebut. 

"Kita pastikan, sampai saat ini tidak ada satu pun masyarakat Lamongan yang terkena virus COVID-19 jenis Omicron. Kalau pun to ada berita seperti ini, itu hoaks," kata Taufik, kepada IDN Times, Kamis (6/1/2022).

2. Antisipasi Omicron satgas COVID-19 kembali diaktifkan

Beredar Isu Warga Terpapar Omicron, Ini Kata Dinkes LamonganIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski begitu, lanjut Taufik, untuk mengantisipasi masuknya Omicron ke Lamongan pemerintah Lamongan telah mengaktifkan kembali Satgas kecamatan dan desa untuk memantau para pekerja yang datang dari dari luar negeri. Selain itu, Dinkes Lamongan juga terus menghimbau kepada agar selalu melakukan 3T di seluruh PKM.

"Upaya untuk mengantisipasi masuknya virus COVID-19 varian baru ya kita aktifkan kembali para satgas. Tapi kembali lagi masyarakat kami harapkan untuk tetap mematuhi aturan dan patuh dalam menerapkan prokes," jelasnya.

Baca Juga: Dinkes Pastikan 4 Warga Malang Tidak Terpapar Varian Omicron  

3. Pemkab Lamongan percepat vaksin pada anak

Beredar Isu Warga Terpapar Omicron, Ini Kata Dinkes LamonganIlustrasi Cara Menangani Wabah Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Taufik menambahkan, Pemkab Lamongan juga terus mengupayakan percepatan vaksinasi bagi anak dan orang dewasa, menggelar siaran keliling mobil sehat, serta menggalakkan prokes. Satgas gugus tugas juga telah melakukan pemantauan di sejumlah lokasi wisata di Lamongan.

"Intinya kita minta masyarakat agar tetap patuh protokol kesehatan dan bagi warga yang masih belum vaksin untuk segera melakukan vaksinasi," pungkasnya.

Baca Juga: Sudah Sebulan Belasan Sekolah di Lamongan ini Terendam Banjir

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya