Comscore Tracker

Angin Kencang Melanda Lamongan, Sejumlah Fasilitas Umum Rusak 

BPBD sebut tiga kecamatan berpotensi terjadi puting beliung

Lamongan, IDN Times - Hujan deras bercampur angin kencang yang melanda Kabupaten Lamongan Rabu (13/11), membuat sejumlah pohon tumbang. Sedikitnya ada lima titik lokasi pohon tumbang di Kecamatan Lamongan Kota. Seperti salah satunya di Jalan Lamongrejo. 

Akibat pohon tumbang itu, arus lalu lintas sempat lumpuh total sekitar 1 jam. Sejumlah pengendara motor dan mobil yang melintas dari arah jalan Nasional Surabaya-Semarang menuju alun-alun kota Lamongan atau sebaliknya terpaksa dialihkan ke jalur lain.

1. Petugas gabungan terjun ke lokasi dan membersihkan pohon tumbang

Angin Kencang Melanda Lamongan, Sejumlah Fasilitas Umum Rusak Angin kencang pohon tumbang di jalan Lamongrejo. IDN Times/Imron

Agar jalur tersebut dapat segera dilalui, petugas BPBD dibantu TNI Polri yang tiba di lokasi langsung melakukan pemotongan dan pembersihan pohon yang tumbang ke jalanan. Pohon itu dipoting menjadi beberapa bagian agar lebih mudah diangkut. "Hujannya tadi tidak terlalu lama, hanya 45 menit saja. Tapi cukup deras dan bercampur angin kencang, sehingga menyebabkan pohon tumbang," kata Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin, kepada IDN Times di lokasi.

2. Sejumlah tiang lampu penerangan jalan ambruk

Angin Kencang Melanda Lamongan, Sejumlah Fasilitas Umum Rusak Petugas TNI membersihkan pohon tumbang di jalan raya Lamongrejo, usai diterjang angin kencang. IDN Times/Imron

Angin kencang yang terjadi di Lamongan sekitar pukul 10.30 WIB itu juga mengakibatkan sejumlah tiang lampu PJU dalam kota Lamongan ikut tumbang ke jalanan. Sementara informasi yang berhasil, sedikitnya ada lima pohon tumbang di wilayah Kota Lamongan. Pohon-pohon itu berada di Jalan raya Mantup-Lamongan, Jalan Transnasional Surabaya-Semaran tepatnya di depan Hotel Aqilah, Simbatan, Lamongrejo dan depan Masjid Al Azhar.

3. Tiga kecamatan berpotensi terjadi angin puting beliung

Angin Kencang Melanda Lamongan, Sejumlah Fasilitas Umum Rusak Petugas BPBD Lamongan memotong pohon yang tumbang di jalan. IDN Times/Imron

Muslimin mengatakan, hasil pengamatan yang dilakukan oleh BPBD Lamongan mencatat sedikitnya ada tiga kecamatan di Lamongan yang berpotensi diterjang angin puting beliung. Tiga kecamatan itu adalah Sekaran, Pucuk dan Modo. "Tiga wilayah yang kita pantau bisa terdampak, tapi mudah-mudahan itu tidak sampai terjadi," katanya.

Baca Juga: Masyarakat Mulai Bersih-bersih Usai Bencana Angin Puting Beliung 

4. Kirim surat imbauan pada pihak kecamatan

Angin Kencang Melanda Lamongan, Sejumlah Fasilitas Umum Rusak Tiang lampu penerangan jalan roboh, akibat diterjang angin kencang. IDN Times/Imron

BPBD Kabupaten Lamongan, lanjut Muslimin, juga telah memberikan imbauan kepada setiap kecamatan untuk diteruskan ke kepala desa. Imbauan itu berisi tentang kondisi cuaca ekstrim seperti puting beliung dan bencana longsor serta banjir. "Imbauan terus kita berikan kepada masyarakat, bahkan kita sudah melayangkan surat agar masyarakat tetap waspada cuaca buruk," pungkasnya.

Baca Juga: Puting Beliung Landa Bojonegoro, Satu Orang Terluka Tertimpa Rumah  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You