Puting Beliung Landa Bojonegoro, Satu Orang Terluka Tertimpa Rumah  

Puluhan rumah lainnya juga rusak parah

Bojonegoro, IDN Times - Angin puting beliung dilaporkan menerjang Bojonegoro pada Senin (11/11), petang. Akibat kejadian itu, satu warga Desa Ngantru, Kecamatan Ngasem, Amir (55) mengalami luka-luka, akibat tertimpa rerentuhan bangunan rumah. Sedangkan satu orang lain yang rumahnya roboh diterjang angin puting beliung bernama Zaini asal Desa Pojok, Kecamatan Purwosari berhasil menyelematkan diri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro BPBD Pemkab Bojonegoro, Umar Ghoni saat dikonfirmasi IDN Times membenarkan kejadian tersebut. Petugas BPBD setempat juga masih melakukan pendataan terhadap sejumlah rumah warga yang mengalami kerusakan. "Benar ada dua rumah rusak karena angin kencang dan mengakibatkan pemiliknya terluka," katanya melalui sambungan telepon selulernya.

1. Puluhan rumah warga mengalami kerusakan

Puting Beliung Landa Bojonegoro, Satu Orang Terluka Tertimpa Rumah  Petugas BPBD Bojonegoro melakukan evakuasi rumah warga yang roboh diterjang angin puting beliung. IDN Times/Dok Istimewa

Umar mengatakan, angin puting beliung yang melanda wilayah Bojonegoro itu terjadi sekitar pukul 16.20 WIB. Selain mengakibatkan dua rumah ambruk, puluhan rumah di beberapa kecamatan juga mengalami kerusakan ringan dan sedang. "Untuk jumlah berapa persisnya kita masih melakukan pendataan, yang jelas informasi awal yang kami terima dari petugas kami di lapangan jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan berjumlah sekitar puluhan," ungkapnya.

2. Sembilan kecamatan terkena angin puting beliung

Puting Beliung Landa Bojonegoro, Satu Orang Terluka Tertimpa Rumah  Pohon tumbang ke jalan dan mengakibatkan warga terganggu saat melintas. IDN Times/ Dok. Istimewa

Awalnya sejumlah wilayah di Kecamatan Dander, Temayang, Sugihwaras, Sukosewu, Tambakrejo, Purwosari, Gayam , Kalitidu dan Kecamatan Ngasem, mengalami hujan ringan. Selang beberapa menit kemudian, hujan semakin deras dengan disertai angin kencang dan membuat bangunan rumah milik warga rusak. "Ada kurang lebih 9 kecamatan yang terdampak angin kencang," ucapnya.

Baca Juga: Bojonegoro Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang, Beberapa Rumah Rusak

3. Sejumlah pohon tumbang ke jalan raya

Puting Beliung Landa Bojonegoro, Satu Orang Terluka Tertimpa Rumah  Warga Bojonegoro membersihkan pohon tumbang di jalan agar tidak menggangu pengendara motor dan mobil. IDN Times/Dok. Istimewa

Tidak hanya itu, lanjut Umar, angin puting beliung yang melanda juga mengakibatkan beberapa pohon tumbang ke jalanan hingga mengakibatkan akses jalan yang dilalui oleh warga terganggu. "Kami juga mendapatkan laporan adanya pohon tumbang dan petugas kami juga langsung membersihkan dan menyingkirkan pohon yang tumbang itu ke lokasi yang lebih aman, " imbuhnya.

4. Terjadi dua kali bencana angin puting beliung di Bojonegoro dalam sepekan

Puting Beliung Landa Bojonegoro, Satu Orang Terluka Tertimpa Rumah  Salah satu rumah warga Bojonegoro ambruk akibat diterjang angin kencang. IDN Times/Dok. BPBD Bojonegoro

Sebelumnya, angin puting beliung juga terjadi di Bojonegoro pada Sabtu (9/11), lalu. Angin kencang ini juga mengakibatkan pasokan listrik mati akibat putusnya kabel PLN dan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan cukup parah. "Pastinya himbauan kepada masyarakat terus kita lakukan, untuk hati-hati karena saat ini sudah memasuki musim hujan," pungkasnya.

Baca Juga: Masyarakat Mulai Bersih-bersih Usai Bencana Angin Puting Beliung 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya