20 PAC PDIP Tuban Sepakat Beri Dukungan ke Amir untuk Maju Pilbup

Arah koalisi partai juga sudah mengerucut

Tuban, IDN Times - 20 Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tuban mengerucutkan dukungan kepada Amir Burhanuddin untuk maju pemilihan bupati (pilbup) Tuban. Amir merupakan kader partai berlambang kepala banteng bermoncong putih tersebut.

"Ya, tentunya saya memang serius ingin maju sebagai bupati Tuban. Hasil safari politik saya ke PAC, mereka sepakat dan secara terang-terangan mendukung saya untuk maju sebagai bupati Tuban 2020 mendatang," kata Amir saat dikonfirmasi IDN Times melalui sambungan telepon, Minggu (15/12).

1. Kader nonpartai juga daftar bacabup di PDI Perjuangan

20 PAC PDIP Tuban Sepakat Beri Dukungan ke Amir untuk Maju PilbupSekertaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat menemui ratusan kader banteng di Tuban. IDN Times/Imron

Meski sejumlah nama nonkader melamar ke PDIP, namun mayoritas PAC menginginkan kader sendiri yang maju.

"Saya berkunjung (ke PAC) untuk membangun soliditas kader menyambut Pilkada 2020. Hasilnya, dari 20 PAC PDIP yang sudah kami kunjungi, menyatakan bulat ingin mengusung kader sendiri untuk menjadi kepala daerah," imbuhnya.

2. Bakal konsultasi dengan para senior di partai

20 PAC PDIP Tuban Sepakat Beri Dukungan ke Amir untuk Maju PilbupSekertaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat berpidato di hadapan ratusan kader PDIP Tuban. IDN Times/Imron

Kendati memperoleh dukungan dari 20 PAC PDIP di Kecamatan, namun Amir masih harus berkonsultasi dengan sejumlah seniornya di partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut.

"Tentu saya pribadi akan meminta masukan dari para senior bagaimana langkah ke depan. Terkait dukungan pengurus PAC PDIP secara serempak menyatakan dukungannya kepada saya untuk maju menjadi pemimpin Kabupaten Tuban," terangnya.

Baca Juga: Daftar Calon Bupati Tuban, Kadis ESDM Jatim Siap Mundur dari PNS

3. Sudah membahas arah koalisi

20 PAC PDIP Tuban Sepakat Beri Dukungan ke Amir untuk Maju PilbupAmir Burhannudin saat melakukan safari politik ke PAC PDIP Tuban. IDN Times/Istimewa

Selain membahas soal sosok yang akan diusung pada pilbup Tuban, PDIP juga sudah mulai membahas soal koalisi.

"Saat rapat juga dibahas siapa partai yang bakal berkoalisi dengan kami. Tapi, untuk saat ini kami masih belum membeberkan kepada publik. Tunggu, nanti kawan-kawan media pasti akan kami kasih tahu," jelas pria yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris PSSI Jatim.

4. Sekjen PDIP sudah beri arahan ke DPC Tuban

20 PAC PDIP Tuban Sepakat Beri Dukungan ke Amir untuk Maju PilbupAmir Burhannudin, saat melakukan safari politik ke PAC PDIP Tuban. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto juga barharap kepada DPC PDIP Tuban agar lebih mengutamakan kader sendiri untuk diusung menjadi bacabup. Meski demikian, Hasto mengaku jika ada calon dari nonkader partai yang juga ingin diusung.

Dia menyerahkan sepenuhnya kepada pengurus di daerah. "Idealnya, partai harus mengusung kader sendiri, tapi bukan berarti kesempatan yang dari nonkader tidak ada. Maka untuk itu, kami serahkan semua ini ke pengurus di daerah," kata Hasto.

Baca Juga: Tertimpa Banner Bacabup, Pria Tuban Ini Alami Luka Sobek Pada Wajah

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya