Daftar Calon Bupati Tuban, Kadis ESDM Jatim Siap Mundur dari PNS

Mengaku didukung oleh Khofifah

Tuban, IDN Times- Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur (Jatim) Setiajit siap mengundurkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Keputusan itu didasari atas penetapan dirinya sebagai bakal calon Bupati Tuban 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"Yang pasti, kalau nantinya saya resmi jadi calon dan ditetapkan saya akan mundur dong. Sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Setiajit usai mendaftarkan diri sebagai calon bupati di sekretariat DPD Nasdem Tuban, Jalan Pahlawan, Minggu siang (29/9).

1. Setiajit bakal pensiun dini

Daftar Calon Bupati Tuban, Kadis ESDM Jatim Siap Mundur dari PNSIDN Times/ Imron

Sebelum ditetapkan sebagai calon bupati oleh KPU Tuban, Setiajit akan mengajukan surat pensiun dini kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. "Harusnya, jika saya tidak ikut nyalon (sebagai Bupati Tuban), 2021 bakal pensiun. Tapi, saya akan mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai PNS," imbuhnya.

2. Klaim dapat dukungan dari Gubernur Jatim

Daftar Calon Bupati Tuban, Kadis ESDM Jatim Siap Mundur dari PNSIDN Times/ Imron

Setiajit mengaku jika pencalonan dirinya maju menjadi orang nomor satu di Bumi Wali tersebut juga dilandasi restu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Setiajit mengaku keinginan dirinya sebagai Bupati Tuban dilatarbelakangi oleh masih banyaknya jumlah pengangguran, kemiskinan, dan masih tertinggalnya Tuban kabupaten di sekitarnya. "Banyak potensi SDA yang ada di Tuban, tapi belum bisa membuat rakyatnya sejahtera," katanya.

Baca Juga: Musim Kemarau, 20 Desa di Tuban Krisis Air Bersih  

3. Bakal kembangkan wisata sektor laut

Daftar Calon Bupati Tuban, Kadis ESDM Jatim Siap Mundur dari PNSIDN Times/ Imron

Kabupaten Tuban yang terletak di pesisir pantai Laut Jawa sepanjang 62 km, yang membentang dari Kecamatan Palang hingga Bancar, dirasa Sutiajit masih belum dikelola dengan baik. Ada beberapa potensi wisata yang bisa dimanfaatkan. Sehingga, potensi itu bisa menguntungkan warga sekitar.

"Tuban ini merupakan daerah yang dilalui oleh masyarakat luas. Mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya semua lewat sini (Tuban). Kalau pesisir pantai kita kelola dengan objek wisata, maka orang akan banyak singgah," terangnya.

4. Pembangunan kilang minyak akan menyerap lapangan pekerjaan

Daftar Calon Bupati Tuban, Kadis ESDM Jatim Siap Mundur dari PNSIDN Times/ Imron

Terlebih jika nantinya akan dibangun sebuah kilang minyak di Tuban, tentunya hal itu juga akan menambah penghasilan seluruh masyarakat. Sebab, pada saat pembangunan kilang minyak, kebutuhan pekerjaan akan diserap oleh masyarakat Tuban. Mulai penyediaan makanan, penginapan, transportasi, dan lain sebagainya.

"Kita tidak usah beli sayuran dari Malang, cukup petani saja yang kita suruh menanam. Kebutuhan buah juga sudah tersedia di Kecamatan Singgahan, semua sudah ada. Ini yang nantinya kita jadikan kebutuhan bagi ribuan pekerja, yang bakal membangun kilang minyak di Tuban," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Tuban Temukan Rp40 Juta, Langsung Dikembalikan ke Pemiliknya

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya