Comscore Tracker

Polisi Tuban Temukan Rp40 Juta, Langsung Dikembalikan ke Pemiliknya

Semoga kejujurannya dapat ganjaran dari Tuhan ya Pak

Tuban, IDN Times- Ipda Waheru, polisi yang berdinas di Polres Tuban ini pantas dijadikan contoh bagi anggota Polri lainnya. Kejujuran polisi yang menjabat sebagai Kasi Propam Polres Tuban Jawa Timur ini tidak usah diragukan lagi.

Waheru menemukan uang Rp40 juta di dalam sebuah tas. Tas itu sendiri tertinggal di sebuah toilet rumah makan di Jalan Panglima Sudirman, Lamongan. Kebetulan, Waheru memang sedang singgah di rumah makan tersebut.

Awalnya sebelum makan, Waheru pergi ke kamar mandi. Saat masuk ke dalam, dia melihat tas itu nyantol di gantungan. Yang patut diapresiasi, Waheru menyerahkan uang tersebut ke Polsek Lamongan Kota.

1. Kaget saat temukan uang di dalam tas

Polisi Tuban Temukan Rp40 Juta, Langsung Dikembalikan ke PemiliknyaIDN Times/ Istimewa

Perwira polisi dengan satu balok di pundak itu lalu memanggil petugas rumah makan dan memintanya untuk membuka tas tersebut. Setelah dibuka, keduanya kaget setengah mati. Di dalam tas itu terdapat uang pecahan Rp100 ribu rupiah.

Kemudian uang tersebut dibawa ke luar dan dihitung dengan disaksikan oleh beberapa karyawan rumah makan lainnya. "Takut terjadi apa-apa akhirnya saya minta salah satu karyawan membuka tas itu," katanya saat dihubungi IDN Times.

2. Dihitung bersama karyawan rumah makan

Polisi Tuban Temukan Rp40 Juta, Langsung Dikembalikan ke PemiliknyaIDN Times/ Istimewa

Waheru kemudian meminta karyawan rumah makan untuk menghitung dengan cermat berapa total uang yang ditemukan. Bahkan uang itu dihitung dua kali. Jumlahnya Rp40 juta.

Agar merasa aman, Waheru menghubungi polisi setempat. "Karena jumlahnya begitu banyak saya hubungi polisi, mas, agar aman," katanya.

Baca Juga: Temukan Uang Rp 8 Juta, Tunawisma Rela Kehujanan Menunggu Pemiliknya

3. Langsung diserahkan ke Polsek Lamongan Kota

Polisi Tuban Temukan Rp40 Juta, Langsung Dikembalikan ke PemiliknyaIDN Times/ Istimewa

Tak hanya berisikan uang, di dalam tas tersebut juga terdapat beberapa buku tabungan bank dan obat-obatan. Selanjutnya tas itu diserahkan ke Polsek Lamongan Kota.

Usai menyerahkan uang, Waheru langsung pulang ke Tuban. "Ya, saya serahkan kepada pihak berwajib. Saya gak mau mengambil uang itu, meskipun orang juga gak tahu kalau saya menemukan uang. Tapi Allah mencacat perbuatan baik kita," ungkapnya.

4. Pemilik tas berasal dari Pati

Polisi Tuban Temukan Rp40 Juta, Langsung Dikembalikan ke PemiliknyaIDN Times/ Istimewa

Setelah diperiksa melalui Closed-circuit Television (CCTV), tas yang tertinggal di rumah makan itu milik salah seorang warga Pati, Jawa Tengah. Pemiliknya bernama Agus Syaifullah. "Setelah diketahui bahwa tas itu milik saudara Agus, kemudian petugas menghubungi yang bersangkutan. Alhamdulillah pemiliknya sudah ketemu," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Tuban Razia di Jalur Pantura, Antisipasi Gerakan Massa 22 Mei

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You