Comscore Tracker

Polisi Tuban Razia di Jalur Pantura, Antisipasi Gerakan Massa 22 Mei

Belum ditemukan rombongan massa menuju ke Jakarta

Tuban, IDN Times - Menjelang hari pengumuman hasil Pemilu 2019 pada 22 Mei mendatang, jajaran kepolisian Polres Tuban menggelar razia kendaraan di jalur nasional Surabaya - Semarang, Senin (20/5), siang. 

Dalam razia yang dipusatkan di terminal baru Kambang Putih Tuban ini, polisi tidak menemukan adanya rombongan yang akan bergerak menuju ke Jakarta, untuk mengikuti aksi protes kemenangan pemilu. "Kegiatan yang kita lakukan saat ini adalah untuk mendeteksi dini terhadap kelompok yang akan berangkat ke Jakarta dalam rangka people power," kata Wakapolres Tuban, Kompol Teguh Priyowasono.

1. Antisipasi rombongan masa dari luar Tuban

Polisi Tuban Razia di Jalur Pantura, Antisipasi Gerakan Massa 22 MeiIDN Times/ Imron

Razia sengaja digelar di jalur Pantura karena jalur tersebut merupakan akses utama bagi para warga untuk menuju Jakarta melalui jalur darat. Sehingga dikhawatirkan akan ada rombongan masa dari daerah lain yang lewat jalur Pantura. "Pantura adalah jalur nasional dan utama. Sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya pergerakan masa kita melakukan penyekatan," kata perwira polisi berpangkat satu melati di pundaknya ini.

2. Polisi juga periksa identitas penumpang bus

Polisi Tuban Razia di Jalur Pantura, Antisipasi Gerakan Massa 22 MeiIDN Times/ Imron

Puluhan kendaraan roda empat yang melintas, diperiksa satu per satu oleh petugas. Tak hanya itu, sejumlah barang bawaan penumpang juga ikut digeledah. Namun, lagi-lagi hasilnya nihil. "Identitas penumpang bus dari Surabaya menuju Semarang, Jakarta dan lain sebagainya juga kita periksa. Tujuannya untuk memastikan keberadaan masa yang akan bergerak ke Jakarta," katanya.

3. Masa diminta untuk tidak berangkat ke Jakarta

Polisi Tuban Razia di Jalur Pantura, Antisipasi Gerakan Massa 22 MeiIDN Times/ Imron

Teguh meminta agar masyarakat mengurungkan niatnya untuk berangkat ke Jakarta. Sebab, aksi tersebut menurutnya tak bertanggung jawab dan hanya dimanfaatkan kelompok tertentu.

"Kita mengimbau warga untuk mengurungkan niatnya berangkat. Karena disinyalir ada pihak-pihak ketiga yang memanfaatkan situasi ini untuk melakukan provokasi sehingga nanti akan terjadi chaos atau kericuhan," katanya.

Baca Juga: Polisi Temukan Benda Mirip Molotov pada Rombongan Aksi 22 Mei

4. Pengguna kendaraan yang membawa sajam akan ditindak

Polisi Tuban Razia di Jalur Pantura, Antisipasi Gerakan Massa 22 MeiIDN Times/ Imron

Menurutnya, razia itu akan terus dilakukan oleh  Polres Tuban hingga diumumkan pemenang pemilu 2019 mendatang. Sementara, jika dalam razia tersebut polisi mendapati kendaraan yang membawa sajam, polisi juga akan menindak tegas. Namun hingga saat ini polisi tidak mendapati pengendara yang melanggar.

Baca Juga: Jelang Aksi People Power, Polres Madiun Razia Bus Pariwisata 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You