Comscore Tracker

Pemkot Malang Peringati Harganas 2021, Gelar Berbagai Kegiatan Ini

"Keluarga Keren, Cegah Stunting" tema Harganas di Malang

Malang, IDN Times – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2021, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) menggelar berbagai kegiatan yang sesuai dengan temanya, yakni “Keluarga Keren, Cegah Stunting.”

Kepala Dinsos P3AP2KB Kota Malang, Dra Penny Indriani, MM mengatakan bahwa demi mendukung tema tersebut pihaknya melakukan penyuluhan terkait masalah kurang gizi kronis kepada Bina Keluarga Balita (BKB) di kelurahan yang ada di Kota Malang. 

“Dalam rangka memperingati Harganas 2021, Dinsos P3AP2KB melakukan beberapa program. Kami ada layanan Keluarga Berencana (KB) gratis,  intrauterine device (IUD) atau alat kontrasepsi dalam rahim, dan implant di lima puskesmas/klinik selama empat hari, yakni 21-24 Juni 2021,” tutur Penny Indriani.

1. Dinsos P3AP2KB Malang juga mengajak Duta Genre saat Harganas

Pemkot Malang Peringati Harganas 2021, Gelar Berbagai Kegiatan IniSalah satu kegiatan untuk memperingati Harganas di Kota Malang. (Dok. Pemkot Malang)

Untuk tahap pertama, layanan KB tersebut dilakukan Puskesmas Arjowinangun, Puskesmas Janti, Puskesmas Mojolangu, Puskesmas Kendalkerep, dan Klinik Polresta Malang Kota. Penny Indriani menambahkan, kegiatan ini dilakukan secara bertahap dan bakal dilanjutkan di bulan berikutnya di puskesmas lainnya dengan target 300 akseptor.

“Pada Harganas 29 Juni 2021 mendatang, pihaknya Dinsos P3AP2KB juga menggandeng para Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Malang untuk mengadakan aksi simpati Genre dengan membagikan suvenir berupa masker bagi masyarakat,” ujar Penny.

Baca Juga: Pemkot Malang Target 180 Ribu Vaksinasi Akhir Juli

2. Kader dari Kota Malang berhasil menyabet penghargaan dari BKKBN

Pemkot Malang Peringati Harganas 2021, Gelar Berbagai Kegiatan IniProgram layanan KB gratis untuk memperingati Harganas 2021 di Malang. (Dok. Pemkot Malang)

Untuk memperingati Harganas 2021 itu, kata Penny, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) juga telah menggelar kegiatan Apresiasi Tenaga Lini Lapangan pada 15 Juni 2021 yang lalu. Kegiatan ini bertujuan memberikan apresiasi kepada pelaku-pelaku Program Bangga Kencana di lapangan.

“Kader dari Kota Malang berhasil menyabet penghargaan dalam Kategori Kader IMP (PPKBD/Sub PPKBD) sebagai juara I tingkat provinsi dan nasional. Dia adalah ibu Kusmilah, seorang kader dari Kelurahan Madyopuro,” tuturnya.

3. Ini sejarah Harganas

Pemkot Malang Peringati Harganas 2021, Gelar Berbagai Kegiatan IniIlustrasi Keluarga. IDN Times/Mardya Shakti

Di kategori KB Lestari 20 tahun, yang diwakili oleh pasangan Wulandari dan Prayitno dari Kelurahan Tunjung Sekar, Kota Malang juga mengukir prestasi dengan berhasil menyabet juara I tingkat provinsi dan masuk sebagai lima besar di tingkat nasional.

Sebagai informasi, dilansir dari situs resmi Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), sejarah lahirnya Harganas, yakni setelah melewati perjuangan yang panjang, akhirnya pada 22 Juni 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh. Sepekan kemudian, 29 Juni 1949, para pejuang kemerdekaan pulang dan kembali berkumpul bersama keluarga. Hal inilah yang melandasi lahirnya Harganas. (WEB)

Baca Juga: Pemkot Malang Berdayakan Lansia dengan 5 Strategi Ini

Topic:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya