Tes Kesehatan Lanjutan, Eri-Armuji Negatif COVID-19

Tes kesehatan sebagai tahapan pendaftaran

Surabaya, IDN Times - Pasangan Bakal Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya yang mengikuti tahapan tes kesehatan lanjutan hanyalah Eri Cahyadi-Armuji. Tes kesehatan lanjutan ini merupakan serangkaian tahap administratif pendaftaran pasangan calon kepala daerah di KPU Kota Surabaya. Hasil sementara pemeriksaan kesehatan keduanya negatif COVID-19.

1. Tes kesehatan lanjutan meliputi fisik dan non fisik

Tes Kesehatan Lanjutan, Eri-Armuji Negatif COVID-19Bakal Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji usai tes kesehatan, Selasa (8/9/2020). Dok istimewa

Kepala Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dan Humas RSUD Dr. Soetomo dr Pesta Parulian Maurid Edwar menjelaskan bahwa tes kesehatan yang dilalui oleh para pasangan bakal calon tersebut terdiri dari pemeriksaan fisik dan non fisik. Pemeriksaan akan dibagi menjadi dua hari yaitu Selasa (8/9/2020) dan Rabu (9/9/2020).

"Pemeriksaan dibagi dua kelompok. Pemeriksaan fisik dan non fisik. Yang hari ini pemeriksaan fisik, besok non fisik. Dan sebaliknya," ujar Pesta, Selasa (8/9/2020).

2. Calon kepala daerah yang positif COVID-19 tidak boleh ikut

Tes Kesehatan Lanjutan, Eri-Armuji Negatif COVID-19Humas RSUD Dr Soetomo Surabaya, Pesta Parulian saat ditemui di RSUD Dr Soetomo, Senin (2/12). (IDN Times/Fitria Madia)

Lebih lanjut Pesta mengatakan bahwa tes ini hanya boleh diikuti bagi para bakal calon kepapa daerah yang telah dinyatakan negatif COVID-19. Sebelumnya pada Senin (7/9/2020), seluruh cakada yang jadwal tes kesehatannya di RSUD Dr Soetomo sudah menjalani tes swab PCR.

"Prinsipnya, untuk yang dinyatakan positif tentu tak diizinkan untuk mengikuti tes kesehatan lanjutan," tuturnya.

Hingga saat ini diketahui dua orang yang positif COVID-19. Satu calon kepala daerah berasal dari Kabupaten Sidoarjo. Sementara satu orang lainnya masih belum diketahui.

Baca Juga: Eri-Armuji Maju Pilkada Surabaya, Mujiaman: Insyaallah Kita Menang!

3. Eri-Armuji negatif COVID-19

Tes Kesehatan Lanjutan, Eri-Armuji Negatif COVID-19Bakal Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji usai tes kesehatan, Selasa (8/9/2020). Dok istimewa

Sementara itu Eri Cahyadi mengatakan bahwa tes kesehatan hari pertamanya yaitu non fisik berjalan lancar. Ia mengatakan bahwa hasil tes swab PCR miliknya dan Armuji sama-sama negatif sehingga mereka bisa melanjutkan tahap pendaftaran lainnya.

"Alhamdulillah hasilnya negatif. Dua hari lalu sebelum pendaftaran kami juga swab mandiri dan hasilnya negatif," pungkasnya.

Sedangkan pasangan lainnya dari Kota Surabaya yaitu Machfud Arifin-Mujiaman tampak tidak mendatangi RSUD Dr Soetomo. Tim pemenangan mereka mengatakan bahwa keduanya akan mengikuti tes kesehatan gelombang kedua.

Baca Juga: Machfud-Mujiaman Tak Ikut Tes Kesehatan Lanjutan Pilkada, Ini Sebabnya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya