Comscore Tracker

Machfud-Mujiaman Tak Ikut Tes Kesehatan Lanjutan Pilkada, Ini Sebabnya

Sehari sebelum daftar, hasil swab Machfud-Mujiaman negatif

Surabaya, IDN Times - Bakal Pasangan Calon Wali dan Wakil Wali Kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno telah melakukan pendaftaran ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, Minggu (6/9/2020). Setelahnya mereka harus mengikuti berbagai tahapan seperti tes swab, tes psikolog, tes psikiater dan tes kesehatan.

Nah, Machfud-Mujiaman pun menjalani tes swab di Graha Amerta RSUD dr. Soetomo, Senin (7/9/2020). Tak hanya mereka, bakal paslon Eri Cahyadi-Armuji juga diwajibkan melakukan tes ini. Kemudian pada Selasa ini (8/9/2020), harusnya Machfud-Mujiaman melanjutkan tahapan tes psikolog dan psikiater. Namun keduanya tidak hadir.

1. Diminta RSUD dr. Soetomo untuk tes kesehatan lanjutan pekan depan

Machfud-Mujiaman Tak Ikut Tes Kesehatan Lanjutan Pilkada, Ini SebabnyaBakal Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin (kiri) dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya Mujiaman Sukirno saat mendaftar ke KPU, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Direktur Media dan Komunikasi Tim Pemenangan Machfud-Mujiaman, Imam Syafii mengatakan ketidakhadiran bakal paslon ini sesuai dengan petunjuk RSUD dr. Soetomo. Keduanya diminta melakukan tes kesehatan lanjutan pada pekan depan bersama bakal paslon bupati dan wakil bupati Sidoarjo.

"Pak MA dan Pak Mujiaman hanya diberi tahu pihak RSU dr Soetomo bahwa jadwal pemeriksaan kesehatan lanjutan dilaksanakan minggu depan bersama paslon kepala daerah Sidoarjo," ujarnya tertulis kepada IDN Times.

2. Hasil tes swab kewenangan tim kesehatan yang bersifat rahasia

Machfud-Mujiaman Tak Ikut Tes Kesehatan Lanjutan Pilkada, Ini SebabnyaIlustrasi tes swab. (IDN Times/Mia Amalia)

Disinggung terkait hasil tes swab yang dilakukan kemarin (7/9/2020), Imam mengaku tidak mengetahuinya. Kalaupun tahu, politisi Partai Nasdem ini juga tidak akan menyampaikannya ke publik. Sebab, hal itu bukan masuk dalam kewenangannya.

"Kami juga belum tahu. Itu kewenangan tim kesehatan yang bersifat rahasia," dia menegaskan.

Baca Juga: 2.000 Relawan Iringi Pendaftaran Machfud-Mujiaman ke KPU Surabaya

3. Sehari sebelum daftar ke KPU Machfud-Mujiaman tes swab, hasilnya negatif

Machfud-Mujiaman Tak Ikut Tes Kesehatan Lanjutan Pilkada, Ini SebabnyaBakal Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin (kiri) dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya Mujiaman Sukirno saat mendaftar ke KPU, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Yang pasti, lanjut anggota DPRD Kota Surabaya ini, Machfud sudah melaksanakan tes swab pada Sabtu (5/9/2020) atau sehari sebelum pendaftaran ke KPU Surabaya. Sedangkan Mujiaman juga sudah menjalani tes swab di RS Premier pada hari yang sama.

"Hasil tes swab keduanya negatif," kata dia.

Baca Juga: Satu Cakada Positif COVID-19 Daftar di KPU Kabupaten Sidoarjo

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya