Sudah Sebulan Lebih, Warga Palestina yang Buron Belum Tertangkap

Deteni ini kabur dengan membawa mobil dan buat keributan

Surabaya, IDN Times - Seorang deteni asal Palestina masih berstatus sebagai buron setelah kabur dengan berkelahi dan membawa lari mobil dinas Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya. Pihak Rudenim saat ini masih mengejar imigran tersebut setelah kabur lebih dari satu bulan.

1. Warga Palestina yang kabur dari Rudenim belum tertangkap

Sudah Sebulan Lebih, Warga Palestina yang Buron Belum TertangkapIlustrasi DPO. DN Times/M Shakti

Deteni bernama Moin D Habib alias MDH ini melarikan diri pada Minggu (2/1/2022) dari Rudenim Surabaya di Desa Raci, Kecamtan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Kepala Rudenim Surabaya Setyo Budi Wardoyo menuturkan bahwa pencarian Habib tidak berhenti meski sudah lewat satu bulan.

"Kami terus melakukan pencarian, kami tidak berhenti," ujar Setyo, Sabtu (12/2/2022).

2. Pihak Rudenim sudah kantongi petunjuk-petunjuk

Sudah Sebulan Lebih, Warga Palestina yang Buron Belum TertangkapDeteni Palestina yang kabur bawa mobil dinas. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Setyo menjelaskan, selama satu bulan pencarian pihaknya sudah melakukan penyelidikan mendalam mengenai Habib. Ia juga sudah mengantongi beberapa petunjuk mengenai keberadaan Habib. Namun, Setyo tidak berkenan untuk menjelaskannya.

"Soal petunjuk, mohon maaf kami belum bisa menjelaskannya," tuturnya.

Baca Juga: Warga Palestina Kabur dari Rudenim Surabaya, Polda Turun Tangan

3. SOP dan sistem keamanan diperbaiki

Sudah Sebulan Lebih, Warga Palestina yang Buron Belum TertangkapIlustrasi imigran (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Selain melakukan penyelidikan dan pengejaran, Setyo juga melakukan perbaikan SOP dan sistem pengamanan Rudenim. Hal ini bertujuan agar tidak ada lagi imigran yang kabur bahkan menyebabkan keributan di Rudenim hingga membawa lari mobil dinas.

"SOP dan sistem pengamanan sudah kami evaluasi agar tidak ada lagi penghuni kabur," ungkapnya.

Sebelumnya, Habib kabur dengna membawa mobil Rudenim pada Minggu (2/1/2022). Habib berpura-pura mengambil jemuran. Tiba-tiba, dia menyerang petugas dan berusaha mengambil kunci motor. Kemudian, dia berhasil merusak kunci mobil dan membawa salah satu mobil kabur.

Beberapa hari setelah kabur, kendaraan dinas jenis Chevrolet Orlando bernopol N 1030 SP, yang dibawa Habib ditemukan terparkir di halaman Masjid Karangketuk, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Baca Juga: Polisi Sebar Pamflet Cari WN Palestina yang Kabur dari Rudenim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya