Warga Palestina Kabur dari Rudenim Surabaya, Polda Turun Tangan

Saksi diperiksa, mobil yang dibawa kabur ketemu

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur (Jatim) turut turun tangan mencari deteni asal Palestina berinisial MDH yang kabur dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Raci, Pasuruan. Sejumlah saksi telah diperiksa, saat ini kepolisian mengumpulkan bukti-bukti dari CCTV untuk mencari MDH.

1. Polisi sudah periksa saksi, mobil dinas yang dibawa kabur sudah ditemukan

Warga Palestina Kabur dari Rudenim Surabaya, Polda Turun TanganKabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko di lokasi pengungsian erupsi Gunung Semeru. IDN Times/Ulil Albab.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, kepolisian sudah meminta keterangan dari pihak rudenim. Kemudian akan melakukan penyitaan di mana ditemukannya kendaraan waktu yang dibawa lari oleh MDH. Sekadar diketahui MDH kabur menggubakan mobil dinas rudenim.

"Karena ditemukannya (mobil) di masjid jadi kami juga minta keterangan dari pihak masjid untuk mencari tahu ke arah mana larinya yang bersangkutan," ujarnya, Selasa (4/1/2022).

2. Bentuk tim gabungan cari MDH, diyakini masih di sekitaran Pasuruan

Warga Palestina Kabur dari Rudenim Surabaya, Polda Turun TanganIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, perwira dengan tiga melati emas itu memastikan bahwa tim gabungan Polres Pasuruan Kabupaten dan Kota dibantu Ditreskrimsus dan Ditresrimum Polda Jatim sudah turun melakukan pencarian terhadap warga negara Palestina tersebut. Gatot meyakini, MDH masih berada di sekitaran Pasuruan.

"Kami masih mempercayai yang bersangkutan masih berada di daerah Jawa Timur. Kami juga minta bantuan dari masyarakat setempat untuk menginformasikan keberadaan yang bersangkutan," katanya.

Baca Juga: Warga Palestina Kabur Sambil Bawa Mobil Dinas Rudenim Surabaya

3. Ada empat saksi yang diperiksa, polisi akan periksa CCTV juga

Warga Palestina Kabur dari Rudenim Surabaya, Polda Turun TanganIlustrasi CCTV (Unsplash/Kyaw Tun)

Terkait saksi yang telah dimintai keterangan, Gatot menuturkan kalau ada empat orang. Semuanya dari pihak rudenim. "Kemudian rencananya juga hari ini kami akan memintai keterangan dari pihak pengurus masjid di mana kendaraan itu ditemukan di daerah Pasuruan," ucap dia.

"Kami ada kemungkinan akan mengambil beberapa titik CCTV yang diduga dilintasi oleh yang bersangkutan," pungkas Gatot.

Baca Juga: Nelayan Aceh Bawa Kapal yang Ditumpangi Imigran Rohingya ke Daratan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya