Positif COVID-19, Dokter Residen RSUD dr. Soetomo Meninggal Dunia

Ia adalah Chief of Residen di FK Unair

Surabaya, IDN Times - Seorang dokter kembali gugur dalam perang melawan pandemik COVID-19 di Indonesia. Kali ini adalah seorang dokter yang tengah mengambil pendidikan spesialis dan membantu penanganan COVID-19 di RSUD dr Soetomo Surabaya.

1. Seorang dokter RSUD dr. Soetomo meninggal dunia

Positif COVID-19, Dokter Residen RSUD dr. Soetomo Meninggal DuniaIlustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Humas RSUD dr Soetomo, dr. Pesta Parulian membenarkan kabar meninggalnya dokter Miftah Fawzy Sarengat. Miftah sedang menempuh pendidikan spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan turut terlibat selama penanganan COVID-19 di RSUD dr. Soetomo.

"Beliau memang sedang pendidikan, ya. Maaf kita tidak bisa sampaikan banyak. Kita sedang berduka," tutur Pesta saat dihubungi IDN Times, Rabu (10/6).

2. Terkonfirmasi positif COVID-19

Positif COVID-19, Dokter Residen RSUD dr. Soetomo Meninggal DuniaIlustrasi virus corona. Dok. IDN Times

Pesta menjelaskan bahwa Miftah memang merupakan pasien COVID-19. Namun ia belum bisa menjelaskan secara lebih detil sejak kapan Miftah terkonfirmasi positif COVID-19 dan dirawat secara intensif.

"Memang pasien COVID-19. Nanti dulu ya saya harus lihat data. Kita masih berduka," ujarnya.

Untuk mengapresiasi jasanya selama hidup, Pesta mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan penghormatan terakhir di depan kampus FK Unair. Miftah memang merupakan sosok yang berpengaruh terutama sebagai Chief of Residen Ilmu Penyakit Dalam FK Unair.

"Nanti kita akan melakukan penghormatan terakhir di depan kampus," tutup Pesta.

Baca Juga: Dokter Senior di Surabaya Meninggal, Dipastikan Positif COVID-19

3. Almarhum dikenal sebagai sosok pekerja keras

Positif COVID-19, Dokter Residen RSUD dr. Soetomo Meninggal DuniaInstagram.com/ikatandokterindonesia/

Sementara itu, rekan almarhum, Sonny Fadli mengatakan bahwa Miftah merupakan sosok pekerja keras dan low profile. “Beliau teman saya, alumni FK Unair angkatan 2006. Status beliau saat wafat sebagai PPDS Ilmu Penyakit dalam FK Unair/RSUD dr. Soetomo,” ujarnya kepada IDN Times.

Rekan-rekannya, lanjut Sonny, merasakan kehilangan yang mendalam atas berpulangnya Miftah. "Semoga segala dosa beliau diampuni, amal ibadahnya diterima di sisi-Nya. Keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.”

4. Beberapa dokter di Surabaya meninggal akibat COVID-19

Positif COVID-19, Dokter Residen RSUD dr. Soetomo Meninggal DuniaIlustrasi tenaga medis. IDN Times/Mia Amalia

Miftah menambah daftar panjang tenaga kesehatan yang meninggal dunia sebagai pasien terkonfirmasi COVID-19. Sebelumnya seorang dokter senior spesialis penyakit dalam, Ignatius Stanislaus Tjahjadi meninggal dunia sebagai pasien COVID-19 di RS Adi Husada Undaan Wetan pada Minggu (31/5).

Ada juga pasangan suami istri dokter yang dua-duanya terkonfirmasi positif COVID-19. Sang suami dr Boedhi Harsono meninggal dunia pada Senin (18/5). Sementara istrinya, dr Theresia Muktiwidjojo juga terpapar COVID-19.

Baca Juga: Dokter Senior di Surabaya Meninggal dalam Status PDP

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya