Lima Kelurahan di Surabaya Capai Nol Kasus COVID-19

Penularan ke keluarga dan tetangga bisa dicegah

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengumumkan 5 kelurahan yang sudah mencapai nol kasus terkonfirmasi positif COVID-19. Sebelumnya, kelima wilayah itu tercatat memiliki  puluhan kasus. Namun sayangnya, angka nol kasus tersebut juga dipengaruhi faktor banyaknya warga yang meninggal dunia.

1. 5 kelurahan di Surabaya telah nol kasus COVID-19

Lima Kelurahan di Surabaya Capai Nol Kasus COVID-19Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita saat ditemui di kampanye pencegahan anak stunting, Rabu (18/12). IDN Times/Fitria Madia

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita menyebutkan, terdapat 5 kelurahan yang sudah mencapai nol kasus terkonfirmasi positif COVID-19 dari berbagai kecamatan. Lima kelurahan tersebut adalah Kelurahan Tambak Wedi, Kelurahan Krembangan Utara, Kelurahan Embong Kaliasin, Kelurahan Romokalisasi dan Kelurahan Genting Kalianak.

"Jadi, dari lima kelurahan itu punya cerita masing-masing hingga berhasil mencapai nol kasus,” ujar Feny-sapaan akrab Febria-, Jumat (14/8/2020).

2. Nol kasus dicapai karena pasien sembuh dan meninggal

Lima Kelurahan di Surabaya Capai Nol Kasus COVID-19Para pasien COVID-19 yang sembuh usai dikarantina di Hotel Asrama Haji. Dok Humas Pemkot Surabaya

Feny menjelaskan bahwa nol kasus tersebut dicapai lantaran para pasien telah sembuh dan penularan terhadap keluarga atau tetangganya bisa dicegah. Sayangnya, tak hanya sembuh, namun juga masih banyak pasien yang meninggal dunia akibat COVID-19.

"Kelurahan Tambak Wedi yang semula ada 55 kasus, kemudian tercatat 51 kasus di antaranya dinyatakan sembuh dan empat kasus meninggal dunia," tuturnya.

Baca Juga: Ini 10 Kelurahan dengan Jumlah Kasus COVID-19 Terendah di Surabaya

3. Kelurahan lain juga terdapat kasus meninggal

Lima Kelurahan di Surabaya Capai Nol Kasus COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Kemudian Kelurahan Krembangan Utara, awalnya terdapat 44 kasus, dan setelah dirawat 36 orang sembuh, lalu delapan orang lainnya meninggal. Kelurahan Embong Kaliasin juga terdapat pasien meninggal yaitu 4 orang dari 55 total kasus.

"Selanjutnya khusus Kelurahan Romokalisari, awalnya ada lima kasus, dan empat kasus diantaranya berhasil sembuh dan satu orang tutup usia,” imbuhnya.

4. Hanya satu yang nol angka kematian

Lima Kelurahan di Surabaya Capai Nol Kasus COVID-19Para pasien COVID-19 yang sembuh usai dikarantina di Hotel Asrama Haji. Dok Humas Pemkot Surabaya

Dari lima kelurahan tadi, hanya ada satu kelurahan yang nol kasus meninggal dunia akibat COVID-19 yaitu Genting Kalianak. Namun, jumlah kasus di kelurahan tersebut memang minim jika dibandingkan dengan yang lain yaitu empat kasus. Seluruh pasien pun sembuh dan tidak ada yang meninggal dunia. 

“Jadi, untuk Genting Kalianak ini angka kasusnya berhasil sembuh semuanya, alhamdhulillah,” ungkapnya.

Baca Juga: Pasien COVID-19 Sembuh di Surabaya Tambah 76 Orang, Mayoritas OTG

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya