Libur Natal, Ribuan Wisatawan Serbu KBS

Destinasi favorit warga karena murah dan menyenangkan

Surabaya, IDN Times - Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi primadona tujuan wisata masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya. Apalagi di momen libur Natal, warga yang tidak merayakan hari raya umat kristiani ini pun berbondong-bondong membanjiri KBS, Rabu (25/12).

1. Pengunjung KBS berimbas terhadap kepadatan arus lalu lintas

Libur Natal, Ribuan Wisatawan Serbu KBSSuasana KBS yang dipadati wisatawan saat libur Natal, Rabu (25/12). IDN Times/Fitria Madia

KBS sudah dipadati pengunjung sejak jam buka pada pukul 08.00 WIB. Warga yang berdatangan semakin banyak hingga siang hari. Cuaca mendung menambah semangat para wisatawan untuk berkeliling melihat aneka satwa dan pertunjukan di sana. Bahkan, lalu lintas di sekitaran KBS menjadi padat lantaran banyaknya kendaraan yang keluar masuk dan berhenti di sembarang tempagast. Petu gabungan dari kepolisian dan Pemkot Surabaya pun dibuat sibuk oleh kepadatan itu.

"Iya Alhamdulillah hari ini memang ramai sekali, ya. Soalnya tanggal merah jadi banyak yang berlibur ke sini," ujar Kepala Seksi Humas PDTS Kebun Binatang Surabaya Wini Hustiani saat ditemui di KBS, Rabu (25/12).

2. Berbagai pertunjukan disiapkan pada libur Nataru

Libur Natal, Ribuan Wisatawan Serbu KBSSuasana KBS yang dipadati wisatawan saat libur Natal, Rabu (25/12). IDN Times/Fitria Madia

Wini menjelaskan, pekan libur Natal dan tahun baru (Nataru) di KBS dijadwalkan pada tanggal 21 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Pihaknya menargetkan pengunjung sebanyak 400 ribu orang. Untuk menggaet para wisatawan, ia pun telah menyiapkan berbagai penampilan di panggung utama KBS.

"KBS mengangkat 6 budaya yakni Bali, Jawa, Sulawesi, Papua, Sumatera dan NTT. Untuk hari ini penampilan Ul Daul dari Madura. Sudah sejak pagi sampai sore pukul 15.00 WIB nanti," jelasnya.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan KBS, Park and Ride Joyoboyo Diuji Coba Akhir Bulan

3. Jumlah pengunjung meningkat

Libur Natal, Ribuan Wisatawan Serbu KBSWisatawan antre agar dapat berfoto di patung Suroboyo depan KBS, Rabu (25/12). IDN Times/Fitria Madia

Hingga siang hari, telah ada sekitar 9 ribu orang yang mendatangi KBS. Ia memperkirakan jumlah ini terus meningkat. Pasalnya pada Selasa (24/12), tercatat ada 16.353 pengunjung. Jika ditotal sejak tanggal 21, telah ada 59.058 wisatwan yang menghabiskan liburnya di KBS. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yaitu 25.026 pengunjung.

"Yang hari ini saya perkirakan bisa tembus 17 ribu, ya. Tapi nanti baru bisa saya pastikan ketika sudah close," tuturnya.

4. Warga gemar berlibur ke KBS karena murah dan menyenangkan

Libur Natal, Ribuan Wisatawan Serbu KBSSalah satu pengunjung KBS, Azril Devan Damara bercerita tentang hewan favoritnya di KBS dengan antusias, Rabu (25/12). IDN Times/Fitria Madia

Para wisatawan KBS didominasi warga dalam Kota Surabaya. Meski sering mengunjungi KBS, mereka mengaku tidak bosan berlibur di sana. Apalagi jika membawa anak-anak. Salah satunya adalah Rubika (43) warga Banyu Urip yang datang bersama keluarga besarnya.

"Di sini murah. Anak-anak senang juga. Saya tadi ke sini naik angkot rame-rame soalnya suami saya masih kerja," jelasnya.

Anak Rubika, Azril Devan Damara pun mengiyakan ujaran ibunya. Ia tampak antusias menceritakan satwa favoritnya yaitu macan dan komodo. Azril, bocah kelas 2 SD itu ingin lagi dan lagi mengunjungi KBS.

Baca Juga: Gajah Sumatera Lahir di KBS, Risma Beri Nama Dumbo

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya