Antisipasi Lonjakan KBS, Park and Ride Joyoboyo Diuji Coba Akhir Bulan

Semoga gak perlu antre parkir lagi

Surabaya, IDN Times - Dinas Perhubungan Kota Surabaya memastikan Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dapat digunakan saat masa libur Natal dan Tahun Baru. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di dua hari libur nasional tersebut.

1. Akhir bulan akan lakukan uji coba

Kepala Dishub Surabaya, Irvan Wahyudrajad mengatakan bahwa pembangunan Park and Ride TIJ sudah memasuki tahap penyelesaian. Proses pembangunan sudah selesai dan tinggal melengkapi beberapa bagian penunjang. Ia memperkirakan bangunan tersebut akan dapat diuji coba pada akhir Bulan Desember.

"Akhir desember kita akan uji coba menjelang Natal dan Tahun Baru. Saat ini sudah hampir 100 persen tinggal finishing dan siap untuk uji coba," jelasnya saat diwawancarai di Markas Batalyon Intai Amfibi Marinir, Karang Pilang, Senin (16/12).

2. Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung KBS

Antisipasi Lonjakan KBS, Park and Ride Joyoboyo Diuji Coba Akhir BulanKebun Binatang Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Jika pada uji coba menunjukkan hasil positif, Irvan memperkirakan bahwa Park and Ride bisa digunakan pada masa libur Nataru. Pasalnya di masa-masa itu Kebun Binatang Surabaya mencapai titik puncaknya.

"Kami berusaha mengantisipasi kebutuhan parkir di KBS terutamanya. Jadi semoga uji cobanya berjalan lancar sehingga dapat segera digunakan," jelasnya.

3. Lantai 1 untuk terminal intermoda

Antisipasi Lonjakan KBS, Park and Ride Joyoboyo Diuji Coba Akhir BulanIlustrasi tempat parkir. Pixabay.com/harutmovsisyan

Irvan menjelaskan, Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo ini nantinya akan berfungsi sebagai lokasi parkir sekaligus terminal. Di lantai dasar akan menjadi terminal sebagaimana Terminal Joyoboyo biasanya berfungsi.

"Lantai 1 juga untuk drop off mobil pribadi dan bus pariwisata. Konsep MPU (mobil angkutan penumpang umum) tidak boleh ngetem, harus berangkat," paparnya.

Sementara untuk lantai 2 hingga 5 akan berfungsi sebagai tempat parkir. Tempat parkir tersebut dapat menampung 4 bus kota, 8 bus pariwisata, 69 mikrolet, 363 mobil dan 292 motor. Selain tempat parkir akan tersedia juga beberapa fasilitas toilet dan ruang terbuka hijau.

"Ada juga tempat parkir untuk sepeda angin. Kita ingin menciptakan rasa aman dan adil juga bagi pesepeda," terangnya.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, Jatim Park 3 Luncurkan Wahana Wisata Baru 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya