Kasat Sabhara Polres Blitar Tak Jadi Mengundurkan Diri

Ia ditarik ke Polda Jatim

Surabaya, IDN Times - Kasat Sabhara Polres Blitar AKP Agus Hendro Tri Susetyo tidak jadi mengundurkan diri alias resign dari anggota kepolisian. Solusinya, saat ini ia ditarik untuk bertugas sementara di Polda Jatim selama menunggu proses pemindahan jabatannya. Sementara permasalahannya dengan Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani dianggap hanya miskomunikasi belaka.

1. Agus tak jadi resign

Kasat Sabhara Polres Blitar Tak Jadi Mengundurkan DiriKabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. Dok.IDN Times/Istimewa

Hal itu dikatakan oleh Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. Setelah mengikuti rangkaian konseling dari Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jatim, Agus memutuskan untuk tidak melepaskan jabatannya sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

"Tidak jadi mengundurkan diri. Tetap menjadi polisi," ujar Truno saat dikonfirmasi, Sabtu (3/10/2020).

2. Ditarik sementara ke Polda Jatim

Kasat Sabhara Polres Blitar Tak Jadi Mengundurkan DiriKasat Sabhara Polres Blitar AKP Agus Tri mengajukan pengunduran diri ke Polda Jatim, Kamis (1/10/2020). Istimewa

Truno melanjutkan bahwa saat ini Agus ditempatkan sementara di Polda Jatim. Ia menyebut bahwa proses tersebut adalah proses penyegaran sementara. Sementara jabatan Kasat Sabhara masih diemban oleh Agus.

"Jabatannya masih Kasat Sabhara, memang ditarik ke Polda Jatim, tapi jabatannya sekarang masih Kasat Sabhara. Gak bisa serta merta pindah, ada prosesnya," tuturnya.

3. Sebut permasalahan hanya sebatas miskomunikasi

Kasat Sabhara Polres Blitar Tak Jadi Mengundurkan DiriKabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. Dok.IDN Times/Istimewa

Dari hasil konseling sementara, Truno mengatakan bahwa permasalahan antara Agus dan Fanani hanya sebatas miskomunikasi sehingga tidak perlu ada tindakan lebih lanjut di antara keduanya. Ia menyimpulkan bahwa Agus menjadi muntab saat itu lantaran terbawa emosi.

"Sayang ya kalau memang pengunduran diri, atau pensiun dini. Itu mungkin sesaat pada saat itu yang bersangkutan dalam kondisi labil atau emosional," ungkapnya.

Baca Juga: Sering Dimaki Kapolres, Kasat Sabhara Blitar Resign

4. Agus ingin mundur lantaran tak kuat dengan Fanani

Kasat Sabhara Polres Blitar Tak Jadi Mengundurkan DiriKapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya, IDN Times/ istimewa

Sebelumnya, Agus Tri melayangkan surat pengunduran diri sebagai anggota Polri ke Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, Kamis (1/10/2020). Ia mengaku tidak betah dengan kepimimpinan Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya.

"Jadi saya datang ke Polda Jatim saya sengaja kirim surat pengunduran diri saya sebagai anggota Polri. Hari ini saya resmi mengundurkan diri ke Bapak Kapolda nanti tembusannya ke Kapolri. Sudah saya ajukan, tinggal tunggu proses lebih lanjut," sebutnya.

Di sisi lain, Fanani menyebut kemarahannya pada Agus bukan tanpa alasan. Perwira dengan dua melati emas itu melayangkan teguran karena ada anggota  Sabhara yang rambutnya panjang. Kemudian Agus tidak terima dan menilainya arogan.

"Dia itu saya tegur karena anggotanya itu rambutnya panjang. Dia gak terima anggap saya arogan," terangnya.

Baca Juga: Kasat Sabhara dan Kapolres Blitar Mediasi, Polda Jatim: Miskomunikasi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya